Posted by: jowvykumala | January 12, 2007

Proaktif membantu proses pencarian korban

Telkomsel PEDULI

Proaktif membantu proses pencarian korban ADAM AIR

Makassar, 11 Januari 2007

Telkomsel Regional Sulmalirja menunjukkan sikap positif sehubungan dengan musibah hilangnya Pesawat Adam Air di wilayah Sulawesi Barat. Secara proaktif sejak tanggal 1 Januari 2007 Telkomsel langsung mengirim salah seorang Tim tekniknya ke lokasi yang terdekat dari titik yang disebut sebagai tempat jatuhnya pesawat tersebut, untuk melakukan pengecekan lapangan secara teknis, guna dijadikan acuan untuk pemasangan instrumen yang memungkinkan bagi ketersediaan coverage di sekitar lokasi bencana.

 

Sehari setelah itu, Telkomsel mengirimkan lagi satu team teknik untuk stand by di Pare-Pare, yang telah dilengkapi dengan BTS Outdoor dan Accessories nya, Rectifier, 2 unit Genset kapasitas 5 KVa dan 20 KVa, Perangkat IDR/Satelit lengkap ditambah juga “booster” untuk coverage extending.

Bersamaan dengan itu, Telkomsel juga berinisiatif membuka Posko Layanan Komunikasi (LANKOM) dengan menyediakan telepon seluler plus KartuHALO sebagai nomor HOTLINE, untuk digunakan secara cuma-cuma oleh pihak keluarga korban, mitra pers ataupun petugas di lapangan dalam melakukan koordinasi sehubungan dengan musibah ini.

Posko Layanan Komunikasi tersebut dibuka di Bandara Hasanuddin-Makassar, Bandara Sam Ratulangi-Manado, Pare-Pare dan satu lagi akan dibuka di lokasi terdekat dari titik koordinat jatuhnya pesawat. PIC yang bertugas menghandle nomor-nomor hotline tersebut senantiasa melakukan up date informasi dengan petugas setempat seperti Tim Sar dan pihak kepolisian agar dapat menjawab setiap pertanyaan masyarakat yang masuk.

Hari ini, seiring dengan dirilisnya kabar terbaru telah ditemukannya serpihan sayap pesawat naas tersebut, Team krisis Telkomsel kembali dikirim ke Pare-Pare untuk kembali menyiapkan posko LANKOM yang sempat ditarik ke Makassar beberapa hari lalu. Posko tersebut akan diposisikan untuk melayani kebutuhan komunikasi bagi petugas di lapangan dan mitra MEDIA yang akan melakukan liputan di lapangan.

Sementara ini, Posko LANKOM Makassar di tempatkan di Bandara Hasanuddin dan di Hotel Makassar Transit II tempat kebanyakan keluarga korban berdomisili sembari menanti kabar terbaru. Sementara di Pare-Pare, Posko LANKOM bergabung di tenda Departemen Sosial di Lapangan Andi Makassau. UNtuk Manado, Posko LANKOM ditempatkan di Bandara.

Nomor-nomor yang didedikasikan sebagai layanan HOTLINE tersebut adalah :

          Bandara Hasanuddin-MAKASSAR : 0811 41 5450, 0811 41 5470, 0811 41 5471, 0811 41 5560

          Bandara Samratulangi-Manado : 0811 43 4574, 0811 43 6574, 0811 43 7574, 0811 43 8737, 0811 43 8747, 0811 43 4028.

          Posko Pare-Pare : 0811 44 5520, 0811 41 5540, 0811 41 5570, 0811 41 5590, 0811 41 5490, 0811 41 5491

 

Sejauh ini, nomor-nomor tersebut telah banyak menerima telepon maupun sms dari seluruh Indonesia yang menanyakan progress pencarian pesawat Adam Air. Namun ada pula masyarakat yang menyampaikan usulan cara pencarian hingga kemungkinan-kemungkinan posisi pesawat yang mereka lihat secara gaib.

Langkah Telkomsel untuk menyediakan HOTLINE layanan Komunikasi ini merupakan instruksi langsung dari Direktur Utama-Kiskenda Suriaharja sebagai salah satu wujud kepedulian perusahaan ini terhadap masyarakat, baik di saat suka maupun duka.

Selain pembentukan Posko LANKOM, Divisi Network Operation juga aktif membantu pelacakan nomor-nomor ponsel korban yang ditengarai masih dapat dihubungi oleh keluarga korban setelah lost contact terjadi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: