Posted by: jowvykumala | January 31, 2008

Inovasi Hitungan Tarif Per Detik

Lebih Pe De Pake SimPATI

 

Pada pertengahan bulan Desember 2007 lalu, Telkomsel telah memberlakukan tarif pemakaian Per Detik yang sangat murah bagi pelanggan simPATI dengan perhitungan Rp 0,5 per detik sepanjang hari ke semua 49 juta pelanggan Telkomsel di seluruh Indonesia.

Pemberlakuan biaya baru Rp 0,5 perdetik ini ditandai dengan peluncuran kartu perdana terbaru simPATI PeDe (Per Detik) seharga Rp 10.000 senilai total Rp 20.000 (pulsa Rp 5.000 untuk komunikasi ke operator lain, Rp 5.000 sesama Telkomsel, dan bonus pulsa senilai Rp 10.000 pada saat isi ulang pertama yang dapat digunakan untuk ke sesama pelanggan Telkomsel).

Skema Tarif simPATI PeDe

Pelanggan simPATI di seluruh Indonesia dapat menikmati biaya perdetik sepanjang hari dengan Rp 25 perdetik untuk 1 Menit Pertama dan selanjutnya pelanggan langsung dapat menikmati tarif Rp 0,5 perdetik untuk menit berikutnya. Contoh kalkulasi perhitungan dengan tarif per detik pada penggunaan hingga 3 jam percakapan, dapat dilihat pada tabel berikut.

1 Menit Prtm

2 menit prtm

3 menit prtm

4 menit prtm

5 menit prtm

10 menit prtm

1 Jam prtm

2 Jam prtm

3 Jam prtm

1500

1530

1560

1590

1620

     1770

3270

5070

6870

 

Sedangkan untuk berkomunikasi ke operator lain diberlakukan tarif sebagai berikut, ke PSTN atau FWA Lokal 15/detik dan Non Lokal atau SLJJ Rp. 35/detik, selular lain Lokal Rp 25/detik dan non lokal atau SLJJ Rp 60 per detik.

Seiring pemberlakuan harga baru per detik ini, pelanggan pun semakin nyaman karena simPATI dilengkapi dengan pilihan isi pulsa yang sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp. 5000 (masa aktif 5 hari),  Rp. 10.000 (10 hari), Rp. 20.000 (20 hari) dan Rp. 50.000 (50 hari) dimana semua dengan masa isi ulang 30 hari. Fasilitas transfer pulsa antar sesama pengguna SimPATI juga dimungkinkan dengan menggunakan cara yang sudah familiar sebelumnya, yakni *858*<no tujuan>*<nilai transfer># lalu tekan OK.

Video Call dengan Tarif Voice Call

Pelanggan simPATI PeDe juga dapat melakukan panggilan menggunakan fasilitas video call pada jalur 3G. Biaya menelepon dengan layanan 3G sama dengan biaya menelpon normal (2G). Bahkan, pelanggan memperoleh nilai lebih dari itu karena pada layanan 3G kita mendapatkan fasilitas yang memungkinkan untuk melihat lawan bicara.

Berikut adalah skema tarif percakapan video call Telkomsel untuk masing-masing varian kartu.

Nomor Akses

Jenis Panggilan

Tarif

kartuHALO

simPATI

Kartu As

Nomer Telpon

Video Call sesama  Telkomsel (kartuHALO, simPATI, dan kartu As)

Normal Tarif Voice Call

Normal Tarif Voice Call

Normal Tarif Voice Call

 

Video Call antar operator di Indonesia

Normal Tarif Voice Call

Normal Tarif Voice Call

Normal Tarif Voice Call

136

Video Call Center

Rp 1200/menit

Time Unit= 20 detik

Rp 1200/menit

Time Unit= 20 detik

Rp 1200/menit

Time Unit= 20 detik

8800

TV & Video Portal

Rp 2000/menit

Time Unit= 30 detik

Rp 2200/menit

Time Unit= 30 detik

Rp 2200/menit

Time Unit= 30 detik

Untuk layanan video konten, dikenakan tarif konten sebesar Rp 8000/konten untuk konten-konten Disney Video dan Dunia Bola, sisanya seperti konten-konten dari Dunia Religi, Dunia Fashion, Dunia Budaya, Dunia Lifestyle& Entertainment dikenakan Rp 4000/konten

 

Mekanisme simPATI PeDe

Peluncuran simPATI PeDe merupakan upaya Telkomsel dalam menghadirkan tambahan pilihan yang fleksible dan transparan, bagi masyarakat luas hingga pelosok untuk dapat menikmati layanan telekomunikasi selular prabayar berkualitas plus berbagai fasilitas.

Dengan layanan pilihan melalui SMS, maka seluruh 24 juta pelanggan simPATI dapat menikmati Simpati PeDe (biaya perdetik) atau Simpati Extra secara fleksible. Cukup akses ke *880# melalui tuts HP dan masuk ke Menu Perpindahan Tarif simPATI dengan pilihan: 1. Tarif Per Detik 2. Tarif Per Menit 3. Info dan 4. Lihat status tarif. Pelanggan hanya dikenakan Rp 3.000 untuk setiap perpindahan, selanjutnya pengguna simPATI Pe De langsung dapat menikmati Tarif Per Detik.

Jika pelanggan ingin kembali ke program simPATI yang sebelumnya, maka cukup melakukan cara yang sama. Dengan tarif yang sama pula, secara fleksibel simPati akan berpindah ke perhitungan per menit plus segala kelebihan lain yang dimilikinya.

Sekilas simPATI

simPATI merupakan kartu prabayar GSM isi ulang pertama di Indonesia bahkan di Asia yang diluncurkan tahun 1997. Hal ini menjadikan Telkomsel sebagai operator yang mempelopori layanan kartu prabayar pada saat yang tepat di mana saat krisis ekonomi sedang melanda Indonesia di tahun 1997, dan simPATI memberikan solusi bagi para pengguna jasa selular mulai melakukan pengontrolan anggaran komunikasinya. Dan sampai saat ini simPATI merupakan kartu prabayar yang paling diminati pasar dan telah digunakan lebih dari 25 juta pelanggan.

Keterbukaan pasar dan dinamisnya industri seluler, tidak lepas dari kiprah Telkomsel dalam memelopori bisnis ini untuk semakin terbuka. Membuka jaringan tidak pilih-pilih guna memajukan daerah, merupakan jiwa khas Telkomsel. Selain meningkatkan daya tarik investasi, nilai tambah promosi daerah wisata, kawasan industri, perumahan, pusat perbelanjaan, hotel dan apartemen, sampai membuka keterisolasian di wilayah terpencil.  

 

Membuka keterlibatan mitra dalam distribusi produk dari pedagang besar hingga tingkat pengecer, juga merupakan kreasi kepeloporan Telkomsel yang dimulai tahun 1996 (sebelumnya simcard dan ponsel hanya dijual oleh operator).

Performansi Telkomsel di Tahun 2007 dan Highlights 2008

 

Hingga akhir tahun 2007, pelanggan Telkomsel di Indopnesia telah mencapai 47,8 juta atau bertambah 12,2 juta pelanggan baru. Bahkan pada pertengahan Januari 2008 telah bertambah 1,1 juta pelanggan baru sehingga pelanggan Telkomsel kini mencapai sekitar 49 juta.  Di tahun 2008 diperkirakan akan bertambah sekitar 9 juta.

 

Dari sisi jaringan, Telkomsel menambah 4.800 BTS (Base Transceiver Station) yang menjadikan jumlah BTS di akhir tahun 2007 menjadi sekitar 20.884 BTS.  Di Tahun 2008 akan menambah sekitar 5.000 BTS baru dengan investasi sebesar US$ 1,7 miliar (sekitar 15 triliun) untuk menjangkau sekitar 98% populasi Indonesia dan bekerjasama dengan 260 operator mitra International Roaming di seluruh dunia.

 

Dari sisi teknologi, Telkomsel telah menghadirkan teknologi 3G berbasis WCDMA (Wideband CDMA) dan HSDPA (High Speed Data Packet Access) sebagai upaya meningkatkan inovasi layanan, sekaligus melengkapi ragam teknologi yang ada sebelumnya seperti GPRS (Global Packet Radio Service) dan EDGE (Enhanced Data Rate).

Telkomsel menggelar jaringan 3G secara cepat bahkan telah membuka akses internasional video call 3G dengan 20 negara (seperti: Polandia, Inggris, Korea Selatan, Swedia, Brunei, Singapura, Malaysia, Filiphina, Taiwan, Australia, Hongkong, Jerman, Belgia, Perancis, Arab Saudi, Italia, Yunani, Belanda).


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: