Posted by: jowvykumala | February 4, 2008

Inovasi Komik di Ponsel Pertama di Indonesia

Telkomsel Luncurkan m-Komik

Jakarta, 4 Februari 2008

Kini industri komik Indonesia memasuki babakan baru dengan hadirnya mobile Komik yang diluncurkan Telkomsel. Layanan ini memungkinkan pengguna selular bisa menikmati cerita komik langsung di layar ponsel kapanpun dan dimanapun bahkan saat di luar negeri sekalipun.

 

Inovasi layanan m-Komik ini merupakan yang pertama di Indonesia sekaligus menandai era kebangkitan industri komik Indonesia di mana sebelumnya komik identik dalam bentuk buku, kini dengan kecanggihan teknologi selular dikembangkan menjadi lebih atraktif dengan efek gerak, getar, suara, maupun cahaya yang begitu hidup.

 

Peluncuran m-Komik dilakukan oleh Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja, Managing Director InTouch Kendro Hendra, bersama komunitas komikus Indonesia yakni Ketua Akademi Samali Beng Rahadian, pendiri Komik Indonesia.com Suryo Rimba, dan Direktur Splash Ariela Kristantina.

 

Kiskenda mengatakan, “Sebagai upaya menjadi Service Leader, kami selalu berupaya untuk mewujudkan dan memaksimalkan makna dari Pelayanan seperti kemudahan, kenyamanan, keanekaragaman, dan lain sebagainya, dalam rangka mendukung program Pemerintah membangun bangsa dengan kualitas hidup yang lebih baik.”

 

“Kali ini, melalui penerapan teknologi selular dan kreatifitas layanan konten serta sinergi dengan pihak berkompeten dari berbagai industri, Telkomsel mencoba untuk memberikan kemudahan bagi penggemar komik dalam mendapatkan komik sekaligus membacanya langsung melalui ponsel. Dengan digelarnya layanan baru ini, kami juga berharap dapat membantu berkembangnya industri komik produk Indonesia, karena layanan m-Komik ini murni hasil karya anak bangsa baik dari sisi aplikasi maupun kontennya,” tambah Kiskenda.

 

Dalam proses inovasi m-Komik ini Telkomsel menggandeng komunitas komikus terkemuka di Indonesia dan InTouch, bersama-sama merancang aplikasi dan mempersiapkan konten melalui digitalisasi seluruh karya komik Indonesia, untuk siap disajikan kepada seluruh pelanggan Telkomsel dengan mudah dan menarik sehingga dapat menjadi wahana bangkitnya kembali Industri Komik Asli Indonesia, yang akhir-akhir ini tergeser posisinya oleh cerita komik produk luar negeri seperti: Jepang, Amerika, dan Korea.

 

Dengan daya tarik komik dan kemudahan teknologi ini, diharapkan kembali timbul gairah membaca dari masyarakat, sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan kecerdasan masyarakat, karena selain diharapkan memiliki nilai pendidikan, m-Komik adalah awal dari inovasi ini, karena ke depan kami sedang mempersiapkan content pendidikan, yang tidak terbatas pada mata pelajaran formal seperti matematika, kimia, biologi, bahasa, dan lain-lain. Namun juga pendidikan informal dan kebutuhan sehari-hari seperti prakarya, bercocok tanam, resep masakan, dan sebagainya,” tambah Kiskenda penuh semangat.

 

Untuk menikmati layanan ini cukup SMS ketik mKomik kirim ke 9800, selanjutnya download  secara GRATIS aplikasi m-Komik yang akan terinstal otomatis pada menu My Own/Apps di ponsel. Setelah mengisi data (nama, umur, jenis kelamin, email) di halaman Registrasi, langsung bisa menikmati m-Komik dengan menu yang user friendly.

 

Telkomsel juga memberikan beberapa konten komik GRATIS yang dimaksudkan untuk memberikan kesempatan pelanggan yang ingin mencoba. Konten-konten gratis tersebut antara lain adalah Mahabarata, Dio Anjing Preman, Monster Ijo, dan Adilkah Cinta.

Di samping itu saat ini telah tersedia 60 ragam pilihan komik di Menu Katalog mulai dari Humor, Wayang, Laga, Fantasi, Drama, hingga Horor yang jumlahnya akan terus ditambah bahkan dilengkapi dengan wallpaper gambar tokoh-tokoh jagoan komik.

 

Setiap komik yang ditawarkan memiliki harga yang bervariasi mulai Rp 3.000, Rp 5.000, dan Rp 8.000. Setelah membeli komik yang diinginkan maka secara otomatis komik akan tersimpan di Menu Perpustakaan dan dapat dinikmati kapanpun dan dimanapun, bahkan dapat dikirimkan kepada orang lain sebagai rekomendasi melalui koneksi Bluetooth.  

 

Pelanggan juga dapat mengetahui komik terbaru, info, maupun event-event pencinta komik Indonesia, maka mereka dapat memilih Menu Berlangganan yang akan memberikan update seputar m-Komik melalui SMS.

Kenikmatan pelanggan dalam mengakses m-Komik akan semakin terasa karena layanan ini didukung jaringan Telkomsel yang menjangkau hingga pelosok dengan dukungan akses ragam teknologi mulai dari GPRS, EDGE, 3G (WCDMA dan HSDPA). Bahkan saat di luar negeri pun akan tetap nyaman menikmati m-Komik berkat kerjasama Telkomsel dengan 270 operator internasional roaming di berbagai belahan dunia.

 

Dengan demikian masyarakat pecinta komik kini akan semakin mudah untuk menikmati komik karena kini komik siap dinikmati setiap saat, layaknya komik selalu ada di tangan. Sebelumnya untuk mendapatkan komik, mereka yang di perkotaan harus ke toko buku dan yang di daerah kesulitan memperoleh karena tidak adanya toko atau lapak buku tradisional.

 

Hadirnya m-Komik ini tentunya menjadi channel baru dalam era baru komik Indonesia sekaligus generator kebangkitan, mengingat  pengguna selular yang telah mencapai lebih dari 90 juta dan terus tumbuh bahkan tahun ini diperkirakan menembus angka 100 juta.

Potensi pasar layanan m-Komik tergambar dari data lembaga peneliti Impress R&D Tokyo, di tahun 2006 saja pelanggan di Jepang menghabiskan sekitar US$ 20 juta untuk melihat manga (komik khas Jepang) di ponselnya. Bahkan NTT Solmare, perusahaan pengelola website m-komik terbesar di Jepang mencatat penjualan 10 juta episode perbulannya.

 

Dari Buku ke Ponsel

Indonesia memiliki era kejayaan dan potensi industri komik yang luar biasa, sejarah mencatat ribuan komik karya anak bangsa bahkan diantaranya jadi legenda seperti : Si Buta dari Gua Hantu, Gundala Putera Petir, Godam, Labah-labah Merah, Panji Tengkorak, Walet Merah, Gina serta tentunya Ramayana dan Mahabharata.

 

Dalam perjalanannya sepanjang era tahun 1970 hingga 2000-an, format tampilan komik dalam bentuk buku telah menjadi saksi kebangkitan dan keterpurukan komik Indonesia, bahkan sebagian penerbit sempat gulung tikar karena modus pembajakan cetak ulang yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

Selanjutnya sebagian lagi memilih untuk berkarya dengan format website, di mana teknologi internet berperan dalam membantu perkembangan komik Indonesia. Format ini memungkinkan pecinta komik mengakses lebih cepat dan membeli dalam bentuk softcopy.

Seiring dengan perkembangan teknologi telekomunikasi selular dengan mobilitas tanpa batas, ponsel telah menjadi bagian dari gaya hidup yang tak terpisahkan bagi masyarakat yang selalu ingin mendapatkan layanan lebih dari kecanggihan selular termasuk bisa menikmati m-Komik di ponsel.

 

Inovasi komik di ponsel tentunya menjadi media baru bagi para komikus untuk berkreasi dalam format baru m-Komik, sekaligus memudahkan pecinta komik untuk bernostalgia menikmati komik-komik legendaris favoritnya dengan tampilan yang lebih atraktif.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: