Posted by: jowvykumala | February 14, 2008

Telkomsel Raih Predikat “Outstanding Achievement”

 

PRESS RELEASE

Top Brand Award 2008

Telkomsel Raih Predikat “Outstanding Achievement”

 

Jakarta, 14 Februari 2008

Telkomsel kembali mendapat pengakuan sebagai yang terbaik dari ajang bergengsi Top Brand Award 2008 untuk kedua produk simcard-nya, yakni simPATI (kartu prabayar) dan kartuHALO (kartu pasca bayar) sebagai kartu pilihan utama selama sembilan tahun berturut-turut (2000-2008). Keberhasilan mempertahankan predikat ini membuat Telkomsel berhak memperoleh predikat “Oustanding Achievement” dalam merek-merek terbaik.

 

Penghargaan Top Brand 2008 didasarkan dari hasil survei lembaga survei independen Frontier Consulting Group dan Majalah Marketing terhadap merek-merek pilihan masyarakat dengan 3 parameter, yakni: mind share, market share, dan commitment share. Berdasarkan parameter tersebut diperoleh indikator kekuatan merek yang disebut TBI (Top Brand Index).

 

Survei Top Brand 2008 dilakukan setiap tahun terhadap 3.000 responden yang tersebar di 6 kota besar Indonesia (Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, dan Makassar) yang melibatkan responden dari berbagai usia (15-65 tahun) dan lapisan masyarakat dari tingkat sosial ekonomi A hingga E.

 

Produk-produk Telkomsel memperoleh TBI tertinggi, cukup jauh dibanding nilai produk sejenis yang beredar di pasar. Untuk kategori SIM Card Prabayar, nilai TBI simPATI  36,1% (disusul Mentari 17,8% dan IM3 12,9%). Sedangkan kategori SIM Card Pascabayar, nilai kartuHALO  49,1% (disusul Matrix 16,0% dan XPlor 12,3%).

 

Manager Corporate Communications Telkomsel Suryo Hadiyanto mengatakan, “Penghargaan yang telah memasuki tahunnya yang ke-9 ini memiliki kompetensi tersendiri yang mampu menggambarkan kondisi pasar, di mana kedua produk Telkomsel tersebut memang merupakan produk yang paling diminati pasar pengguna ponsel di Indonesia. Saat ini simPATI telah digunakan sekitar 26 juta pelanggan dan kartuHALO 1,9 juta pelanggan atau digunakan 60% pengguna paskabayar.”

 

Persaingan pasar selular Indonesia semakin sengit dan menantang, apalagi dengan masuknya pemain-pemain baru baik itu dari luar maupun dari dalam dengan sokongan dana konglomerat lokal. Saat ini terdapat 8 operator yang memberikan layanan selular (full mobility) di Indonesia, yakni : Telkomsel, Indosat, Excelcom, Natrindo, Hutchison Indonesia, Mandara (Sampoerna Selular Indonesia), Mobile-8, dan Smart. Sementara untuk operator CDMA (limited mobility) terdapat 3 operator: Flexi (Telkom), StarOne (Indosat), dan Esia (Bakrie).

 

“Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat dengan berbagai produk dan layanan yang ditawarkan, tentunya konsumen dituntut untuk semakin cerdas dalam memutuskan produk yang dipilih. Penghargaan yang merupakan hasil pilihan langsung dari konsumen atau masyarakat luas ini merupakan sebuah bukti kepercayaan masyarakat yang telah merasakan nilai dan manfaat produk dan layanan Telkomsel yang dipakainya,” ungkap Suryo.

 

”Meraih predikat Outstanding Achievement di Top Brand Award 2008 ini mencerminkan konsistensi kami dalam upaya memberikan yang terbaik. Penghargaan ini tentunya menjadi tantangan bagi kami untuk terus berinovasi menghadirkan nilai tambah bagi kepuasan bagi pelanggan, sehingga di tahun-tahun ke depan Telkomsel tetap menjadi pilihan utama solusi komunikasi masyarakat Indonesia,” tegas Suryo.

 

Tingginya angka pengguna ponsel yang mempercayakan layanannya kepada Telkomsel dikarenakan produk-produknya relatif dapat memenuhi 5 parameter kebutuhan pokok pelanggan dan calon pelanggan, yakni: jaringan yang luas, kualitas jaringan yang handal, kelengkapan fasilitas produk dan inovasi, kenyamanan pelayanan purna jual, dan tarif yang wajar.

 

Handi Irawan, Praktisi Marketing sekaligus penggagas TBA, mengatakan, ”Survei selama sembilan tahun adalah kekuatan terbesar dalam penghargaan ini. Tidak mudah bagi merek untuk mempertahankan diri sebagai merek pilihan konsumen. Karenanya, merek yang berhasil menjadi merek yang kuat selama sembilan tahun benar-benar merupakan merek yang teruji. Pemenang dari tiap kategori merupakan merek yang dinilai telah berhasil membangun ikatan kepercayaan terhadap konsumen.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: