Posted by: jowvykumala | February 19, 2008

Pelanggan meningkat 2,2 juta dalam 1,5 bulan

Telkomsel Layani 50 Juta Pelanggan

 

Jakarta, 19 Februari 2008

Tingginya kepercayaan pengguna selular terhadap kualitas layanan Telkomsel tergambar dari angka pertumbuhan pelanggan yang sangat fantastis yakni 2,2 juta pelanggan baru hanya dalam 1,5 bulan di awal 2008 ini.

 

Dengan penambahan 2,2 juta ini, Telkomsel kini dipercaya melayani 50 juta pelanggan atau lebih dari 50% pengguna selular di Indonesia. Dari jumlah tersebut, kartu prabayar simPATI memberikan kontrubusi tertinggi, yakni 26,7 juta pelanggan, disusul Kartu As 21,4 juta dan kartuHALO paskabayar 1,9 juta pelanggan.

 

Di sepanjang tahun 2007, pertumbuhan pelanggan Telkomsel mencapai 12,2 juta pelanggan baru atau rata-rata tiap bulannya bertambah 1 juta, sehingga di akhir 2007 jumlahnya menjadi 47,8 juta pelanggan dari sebelumnya 35,6 juta di tahun 2006. Dan saat ini dengan jumlah pelanggan 50 juta berarti meningkat 1.923 persen dibanding jumlah di awal beroperasi tahun 1995 yang hanya 26.000 pelanggan.

 

Direktur Utama Telkomsel, Kiskenda Suriahardja mengatakan, “Tingginya kepercayaan masyarakat yang mempercayakan urusan komunikasi selularnya kepada Telkomsel merupakan kebanggaan yang tak ternilai. Namun hal ini tidak lantas membuat kami berpuas diri karena tanggung jawabnya makin besar untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan.”

 

“Semakin diminatinya produk-produk Telkomsel di tengah maraknya pasar dibanjiri produk-produk baru dari operator baru yang mengedepankan tarif murah bahkan gratis, tentunya menandakan bahwa kini masyarakat semakin kritis melihat value layanannya, tidak sekedar tarif. Kini semua sudah menawarkan tarif yang relatif sama dan terjangkau, jadi selling point-nya ada pada layanan yakni coverage, kualitas jaringan, ragam inovasi fitur yang melekat pada produk, dan pelayanan pelanggan,” ungkap Kiskenda.

 

“Sebagai Service Leader, kami selalu berupaya untuk mewujudkan 5 makna utama dari layanan selular berkualitas, seperti kemudahan mendapatkan produk dan pelayanan, kepastian ketersediaan jaringan sehingga bisa digunakan, transparansi, kenyamanan, dan fleksibilitas dalam menghadirkan ragam layanan yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan pelanggan,” tegas Kiskenda.

 

Saat ini 50 juta pelanggan Telkomsel dilayani lebih dari 21.000 BTS dan 300.000 titik pelayanan, seperti GraPARI, geraiHALO, kiosHALO, outlet dealer, retail nasional, dan m-Kios. Untuk terus meningkatkan mutu layanan di tahun 2008, Telkomsel menginvestasikan US$ 1,7 miliar (sekitar 15 triliun) untuk memperluas coverage, kualitas jaringan dan new business (mobile wallet, broadband, konten seperti m-Komik dan lain-lain). Telkomsel akan menambah sekitar 5.000 BTS baru dari jumlah yang telah ada di tahun 2007 sekitar 20.884 BTS (Base Transceiver Station).

 

Ke depan industri telekomunikasi akan menuju arah yang lebih maju, baik dalam hal jumlah pelanggan, coverage, maupun teknologi. Hal ini mengingat Indonesia merupakan pasar yang menjanjikan dengan kondisi geografis negara kepulauan yang luasnya 1,9 juta km persegi dengan angka penetrasi selular masih kecil sekitar 37 persen dari 240 juta penduduk. Bahkan 63 persen penduduk merupakan usia muda produktif yang merupakan kalangan dengan “senses of technology” yang tinggi dan antusiasme terhadap perkembangan teknologi yang sangat besar.

 

Dari perkiraan pertumbuhan pelanggan baru 2007 sekitar 15-20 juta, Telkomsel menargetkan bisa melayani 50%-nya dari jumlah tersebut, yakni 7,5 – 10 juta pelanggan baru. Tahun 2008 pertumbuhan pelanggan diperkirakan masih akan didominasi pelanggan di luar Jawa untuk kategori new customer, di mana pemenuhan high growth dengan pembangunan BTS baru. Di Jawa masih akan tumbuh, tetapi tidak sebesar di luar pulau Jawa, di mana kebutuhan layanan selular di Jawa cenderung ke arah fitur dan layanan.

 

“Telkomsel akan terus memperluas coverage hingga ke pelosok dengan memperhatikan keseimbangan termasuk kebutuhan dan kemampuan masyarakat setempat. Kami selalu berupaya untuk mendengarkan kebutuhan pelanggan dan calon pelanggan sebagai masukan yang sangat berarti bagi kami untuk menghadirkan produk yang tepat dan dan memberikan solusi terbaik sesuai tuntutan pasar. Hal ini merupakan salah satu wujud kepedulian Telkomsel dalam memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk dapat menikmati layanan selular berkualitas dengan harga terjangkau,” tegas Kiskenda.

 

Telkomsel memandang bahwa pada dasarnya jaringan yang luas dengan core network yang senantiasa dipersiapkan untuk mendukung implementasi teknologi terkini merupakan hal utama dalam melayani masyarakat selular Indonesia. Oleh karenanya, jaringan Telkomsel dilengkapi dengan ragam teknologi, seperti GPRS (Global Packet Radio Service), EDGE (Enhanced Data rate GSM Evolution), WiFi (Wireless Fidelity), 3G WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access), dan HSDPA (High Speed Downlink Packet Access).

 

Dengan mengimplementasikan teknologi terkini yang handal memungkinkan layanan Telkomsel menghadirkan keunggulan kompetitif melalui berbagai inovasi fitur nilai tambah (Value Added Services), seperti: mobile wallet yang diberi nama T-cash, m-Komik, Pelindung Data, HALO hybrid, mobile Banking, push email, Nada Sambung Pribadi, mobile TV, video surveillance, dan mobile broadband Telkomsel Flash. 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: