Posted by: jowvykumala | February 28, 2008

Telkomsel Raih Predikat Perusahaan Idaman 2007

 

PRESS RELEASE

Tingkatkan Kualitas  Sumber Daya Manusia

Telkomsel Raih Predikat Perusahaan Idaman 2007

 

Jakarta, 28 Februari 2008

Telkomsel berhasil meraih predikat “Perusahaan Idaman 2007” dari hasil survei tahunan Warta Ekonomi terhadap 1.000 responden. Survei ini memotret perusahaan mana yang menjadi idaman para pekerja, bagaimana persepsi pekerja terhadap perusahaan idamannya, serta apa ekspektasi pekerja terhadap perusahaan.

 

Data hasil survei tahun ini menunjukkan bahwa para pekerja masih mengidam-idamkan perusahaan yang mampu memberikan apresiasi dan tingkat kesejahteraan lebih baik, mereka lebih suka bekerja di perusahaan besar dan terkenal, memiliki suasana kerja yang nyaman, jenjang karier yang jelas, dan memberikan fasilitas yang memadai.

 

Penghargaan “Perusahaan Idaman” diberikan langsung kepada Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja oleh Pemimpin Perusahaan Warta Ekonomi Mario Alisjahbana. Telkomsel menerima predikat ini bersama perusahaan lainnya, yakni: Astra International, Unilever, Pertamina, Bank Mandiri, BCA, Freeport, Citibank, IBM, dan Indofood.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kiskenda juga berkesempatan untuk menjadi pembicara dalam seminar yang bertema “How to Manage Ordinary People to Become Extra Ordinary Employee”, yang mendiskusikan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) guna menopang visi dan misi sebuah perusahaan, di mana saat ini industri telekomunikasi merupakan salah satu sektor dengan pertumbuhan tertinggi yang patut didukung SDM yang berkualitas.

 

Kiskenda mengatakan, “Telkomsel merupakan perusahaan yang technology based dan customer oriented, keduanya jelas bertumbuh sangat pesat seiring dengan perkembangan industri telekomunikasi. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang fit in dengan situasi bisnisnya saat ini, yang memampukan mereka untuk meng-handle teknologi yang berkembang makin canggih dan menciptakan bisnis-bisnis baru (new wave), sekaligus melayani dan memberi manfaat bagi pelanggan Telkomsel yang terus bertumbuh mencapai 50 juta saat ini.”

 

“Dalam menciptakan business excellence sekaligus memberikan nilai dan manfaat bagi pelanggan (customer value), ada empat kategori yang harus diperhatikan, yakni: infrastruktur termasuk di dalamnya IT, business process, partnership, dan terakhir yang lebih utama adalah SDM-nya sendiri. Telkomsel telah lama memfokuskan pengembangan Sumber Daya Manusia secara komprehensif. Kami memandang karyawan bukan hanya sebagai pelaku (objek), namun juga lebih sebagai subjek yang mampu mendesain dan berlaku sebagai arsitek,” ungkap Kiskenda.

 

“Untuk itu kami sangat menghargai talent dari karyawan di semua level. Beberapa langkah kami yang menonjol dalam meng-handle people adalah talent management, dengan orientasi bukan hanya training, tapi lebih kepada learning. Kemudian juga renumerasi, kompensasi termasuk reward-nya, dan tentunya kaderisasi. Dalam renumerasi kami menerapkan sistem retention based on remuneration, yakni: pay for person, pay for position, pay for performance, dan pay for retention. Terakhir, yang lebih penting kami juga menggarap budaya perusahaan,” Kiskenda menambahkan.

 

Telkomsel terus meningkatkan kompetensi seluruh jajaran karyawan yang berjumlah 4.037 orang. Hal ini menjadikan Telkomsel mampu meningkatkan value efficiency ratio (pelanggan/karyawan) 27% pada kuartal ketiga 2007 dibanding tahun 2006, yakni dari 8.655 menjadi 11.012 pelanggan/karyawan, di mana kini Telkomsel telah dipercaya melayani lebih dari 50% pengguna ponsel di Indonesia.

 

Telkomsel dalam mengembangkan SDM-nya juga telah mendapat penghargaan internasional dari Dale Carnegie Leadership Award, yakni penghargaan atas usaha dan komitmen perusahaan dalam mengembangkan sumber daya manusianya sebagai elemen penting dalam strategi bisnis. Telkomsel dinilai secara nyata telah berhasil menyiapkan sumber daya manusianya dari segi skill, kepemimpinan, dan komunikasi untuk menjadi leader menghadapi lingkungan bisnis yang sarat kompetisi dan perubahan.

 

 

Penghargaan ”Perusahaan Idaman 2007” ini melengkapi berbagai prestasi yang diraih Telkomsel dalam hal inovasi produk, layanan, infrastruktur maupun program Corporate Social Responsibility-nya, seperti: Best Asian Mobile Award, Best Asia Pacific Call Center Award, Indonesia Best Brand Award, Indonesia Customer Loyalty Award, dan Indonesia’s Most Admired Company. Bahkan awal tahun ini, Telkomsel juga menerima Top Brand Award atas keberhasilannya mempertahankan predikat merek-merek terbaik. Hal ini mencerminkan bahwa berbagai upaya Telkomsel dalam memberikan yang terbaik telah dirasakan kemanfaatannya oleh seluruh stakeholders.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: