Posted by: jowvykumala | March 2, 2008

Layanan T-Cash untuk Konten Akademik

Kerjasama Telkomsel dan ITB

Layanan T-Cash untuk Konten Akademik

 

Bandung, 2 Maret 2008

Seiring upaya Telkomsel dalam mensukseskan program pemerintah untuk mewujudkan Cashless Society, hari ini Telkomsel melakukan perjanjian kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam menghadirkan pembelian Konten Digital Akademis dengan cara pembayaran melalui mobile wallet Telkomsel Cash atau lebih dikenal dengan T-Cash.

 

Penandatangan dilakukan disela-sela Dies Natalis ITB ke-49 sekaligus momentum 100 Tahun Kebangkitan Nasional, yang dilakukan oleh Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja dan Rektor ITB Djoko Santoso. Piagam kerjasama ini merupakan wujud komitmen antara Telkomsel dan ITB tentang implementasi layanan mobile wallet, yang diawali pada acara “Kick Off Layanan Mobile Wallet Telkomsel” oleh Menteri Negara BUMN pada 27 November 2007 di Jakarta lalu.

 

Kiskenda mengatakan, “Pada kesempatan yang baik ini kami ingin menghaturkan ucapan terimakasih setinggi-tingginya kepada ITB yang telah memberikan kepercayaan kepada Telkomsel dalam menjalankan layanan T-Cash sekaligus memulai menggelar layanan baru melalui teknologi digital Mobile Wallet di Indonesia, khususnya dilingkungan ITB.”

 

T-cash atau Telkomsel-Cash adalah nama produk yang berfungsi sebagai layanan alat bayar atau transaksi secara elektronik, yang digelar Telkomsel berdasarkan ijin yang telah diberikan Bank Indonesia sebagai regulator pada tanggal 19 Januari 2007. Keberhasilan ini menjadikan T-Cash sebagai e-Money berbasis mobile pertama di Indonesia sekaligus sebagai hasil karya anak bangsa  yang pertama mendapatkan ijin dari Bank Indonesia.

 

“Kami juga mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya kepada ITB, mengingat tidak hanya karena ITB sebagai gudang pakar teknologi namun berbagai peran ITB dalam proses lahirnya T-Cash ini, antara lain dalam 2 tahun terakhir ini bersama Telkomsel melakukan riset terhadap industri micropayment dan remittance serta melakukan ‘proven service’ yang menjadikan layanan Tcash ini memiliki nilai ekonomi, aman dan handal, sehingga pada akhirnya dapat comply baik dari sisi teknis, proses bisnis/prosedure maupun sisi legalnya,” ungkap Kiskenda.  

 

Melalui kerja sama ini maka masyarakat dan khususnya mahasiswa ITB dapat melakukan pembelian konten digital yang berhubungan dengan kegiatan civitas akademika seperti: artikel jurnal dan karya ilmiah, hasil-hasil riset dan studi, bahan-bahan ajar, karya seni, dan lain-lain yang dipublikasikan di situs ITB dengan lebih mudah, cepat dan aman menggunakan T-cash sebagai salah satu alat pembayarannya.

 

T-Cash juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai fungsi transaksi antara lain pengisian uang electronic cash in, check saldo, pembelian, pembayaran, penarikan uang tunai dan check history 5 transaksi terakhir.

 

Kiskenda menambahkan, “Dengan menggunakan T-Cash, maka para mahasiswa tidak harus lagi menyimpan uang di dalam dompetnya, cukup menggunakan kartu atau handphone sebagai alat penyimpan uang dalam bentuk elektornik digital. Seiring dengan kerjasama dengan ITB ini, kini T-cash telah dapat dimanfaatkan di 177 outlet termasuk ITB. Jumlah merchant ini akan terus bertambah sejalan dengan semakin banyaknya masyarakat memahami manfaat kehadiran T-Cash.”

“Kami berharap momentum ini juga dapat menambah semangat bagi para civitas akademika di Indonesia dan khususnya ITB untuk berlomba menulis dan berkarya dalam era web2.0 atau yang lebih dikenal dengan istilah wikinomics,” pungkas Kiskenda.  

 

Transaksi Mobile Wallet

Untuk menikmati layanan ini,  pelanggan cukup registrasi melalui SMS ketik REG TCash Nama#Tanggal Lahir<ddmmyyyy> dan kirim ke 2828. Selanjutnya mengisi dompet T-Cash nya dengan melakukan setoran (minimum Rp 50.000 dan kelipatannya) di merchant-merchant seperti Indomaret dan Fuji Image Plasa. Kedepan, setoran bisa dilakukan via transfer (top up dari rekening pelanggan) melalui layanan mobile banking atau Bank.

 

Setelah registrasi dan melakukan setoran, ponsel pelanggan bisa berfungsi layaknya dompet T-Cash berisi uang yang siap digunakan untuk melakukan berbagai transaksi seperti beli barang/jasa di merchant T-Cash, top-up pulsa, pembayaran kartuHALO, dan konten akademis

 

Untuk melakukan transaksi pelanggan cukup SMS ke 2828, beberapa transaksi yang dapat dilakukan antara lain: Top Up Pulsa (ketik Pulsa<MSISDN><Jumlah><PIN>), pembayaran tagihan kartuHALO (ketik Pay <MSISDN><Bill Reff ><Jumlah><PIN>). Sedangkan untuk mengecek saldo, SMS ke 2828 ketik SAL <PIN> atau *885*<PIN># langsung dari ponsel.

 

Sedangkan untuk pembelian Konten Digital Akademis, pelanggan dapat melakukannya dengan mengakses website perguruan tinggi tersebut (contoh: www.itb.ac.id), kemudian memilih konten yang diinginkan. Selanjutnya cukup meng-klik menu pembelian, untuk memproses transaksi menggunakan T-cash melalui ponsel, dimana akan menerima kode aktivasi untuk pengunduhan (download). 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: