Posted by: jowvykumala | March 2, 2008

TELKOMSEL, Tingkatkan Layanan di Pamasuka

13 Tahun Melayani Indonesia

TELKOMSEL, Tingkatkan Layanan di Pamasuka

 

Makassar, 2 Maret 2008

Telkomsel senantiasa berusaha berupaya menghadirkan layanan yang berkualitas sebagai perwujudan dari perusahaan yang mengedepankan service leader. Upaya ini dilakukan melalui service series mulai dari produk dan fitur yang inovatif, titik layanan yang tersebar luas hingga coverange yang menjangkau sampai ke pelosok. Semuanya dipersembahkan kepada lebih dari 10,9 juta pelanggan di wilayah ini yang merupakan bagian dari 50 juta pelanggan se-Indonesia.

Setelah menjabarkan peraturan Regulasi/Pemerintah bidang pertarifan tepat pada awal waktu dengan tarif yang terjangkau, terpadu, transparan, sederhana dan rinci yang ditetapkan sebagai perwujudan kepatuhan Telkomsel kepada peraturan (comply), Telkomsel segera menggelar upaya simultan dan terintegrasi berbagai kegiatan peningkatan layanan.

Kaitannya dengan produk, Telkomsel juga menyediakan berbagai paket pilihan yang memberikan kebebasan bagi masyarakat dan pelanggan untuk memilih berdasarkan kebutuhan dan manfaat yang ingin didapat/dirasakan.

Titik Layanan

Untuk dapat lebih dekat melayani pelanggannya, saat ini secara nasional Telkomsel telah menghadirkan titik pelayanan berupa : GraPARI (68 unit), GeraiHALO (261 unit), KiosHALO (2500 unit), Retail Nasional (3160 unit). Untuk dapat melayani pelanggan dalam tataran yang lebih luas lagi, terdapat pula ribuan outlet yang tersebar hingga ke daerah pelosok.

Wilayah Area Papua-Maluku-Sulawesi-Kalimantan (Pamasuka) didukung oleh 9 GraPARI dalam Regional Sulmalirja dan 7 GraPARI dalam Regional kalimantan. Plus perpanjangan tangan dari GraPARI berupa GeraiHALO yang telah beroperasi sekitar 53 titik. Masing-masing 24 Gerai di Regional Sulmalirja dan 29 Gerai di Regional Kalimantan.

Untuk percepatan penetrasi pasar, kantor-kantor layanan tersebut dibantu pula oleh sejumlah Outlet yang tersebar hingga ke pedesaan, dimana dalam wilayah Regional Sulmalirja terdapat sekitar 15.700 dan 10.800 lainnya di Regional Kalimantan.

Titik pelayanan tersebut semakin lengkap seiring dengan kenyaman pelanggan dalam mengakses berbagai informasi layanan dan solusinya langsung dari ponsel. Di sisi  Call Center, Telkomsel telah menambah petugas pelayanan call center-nya menjadi 4.400 orang, sekaligus menjadikan call center Telkomsel sebagai yang terbesar dengan rata-rata trafik 1,2 juta call per hari. Selain Call Center, pelanggan Telkomsel juga dilayani akses pelayanan lainnya yakni: Website http://www.telkomsel.com/web/telkomselwebcare, Email ke cs@telkomsel.co.id, atau via SMS ke 111 langsung dari kartuHALO dan 116 untuk simPATI dan Kartu As.

Quality Assurance

Salah satu parameter layanan yang juga menjadi concern bagi Telkomsel adalah jaringan yang berkualitas. Berbagai program yang telah dilakukan antara lain : Program Penyeimbangan Kapasitas Jaringan (Traffic Rebalancing), Pengaturan Jaringan (Network Reconfiguration), Perancangan BTS (BTS Redesign), peningkatan kapasitas (Additional Capacity) serta peningkatan sarana serta perbaikan mekanisme pelayanan kepada pelanggan.

Di wilayah Sulmalirja. Network Coverage, 100% telah melayani 14 Provinsi (4 diantaranya di Kalimanatan). Adapun 107 Kabupaten di Sulawesi-Maluku-Papua dan  51 Kabupaten di Regional Kalimantan. Sedangkan untuk wilayah kecamatan, hingga akhir 2007 telah terlayani sekitar 605 Kecamatan dari total 938 Kecamatan atau pencapaian sekitar 64,5% di regional Sulmalirja. Sementara 95% kecamatan telah tercover di Kalimantan.

Kurang lebihnya penjabarannya adalah sebagai berikut : Gorontalo (91%), Sulteng (69%), Sulut (92%), Sulbar (60%), Sul Tenggara (57%), Sulsel (98%), Maluku (37%), Maluku Utara (51%), Irian Jaya Barat (21%) dan Papua (27%), Kalbar (95%), Kalteng (90%), Kalsel (100%), Kaltim (90%).

Pembangunan dari sisi coverage ini akan terus diprioritaskan, mengingat pada poin inilah tolok ukur kualitas sebuah jaringan seluler ditentukan. Di tahun 2008 mendatang Telkomsel Area Pamasuka menargetkan untuk dapat melayani hingga ke seluruh kecamatan.

Corporate Social Responsibility.

Program ini sifatnya menjadi “wajib” dan tidak terlepaskan dari program utama Telkomsel, dengan harapan bahwa manfaat yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia dengan kehadiran Telkomsel tidak hanya manfaat yang diperoleh dari layanan Telekomunikasi berikut multiplier effect yang ditimbulkannya, namun dapat lebih terasa secara langsung dan menyentuh aspek kebutuhan sehari-hari dengan sasaran porsi terbesar adalah strata anak-anak (tidak mampu dan atau yatim piatu) dengan sasaran bidang kesehatan dan pendidikan. Sasaran ini dipilih dengan harapan memberi kontribusi positif bagi masa depan bangsa Indonesia melalui generasi penerus dengan modal dasar sehat, santun dan berilmu.

Selama periode tahun 2007 Telkomsel Regional Sulmalirja khususnya, telah menggelar kurang lebih 100 kegiatan CSR yang meliputi dunia pendidikan, kebudayaan, sosial, lingkungan bahkan olahraga, dalam skala besar.

Selain kegitan-kegiatan tersebut CSR sebagaimana umumnya terdefinisikan, banyak hal yang telrjadi dengan kehadiran Telkomsel, seperti efek dinamisasi pada pertumbuhan perekonomian dan kemasyarakat, baik karena adanya kemudahan berkomunikasi yang memperlancar dan mempercepat keputusan pemerintahan di daerah, antara daera dengan pusat, maupun promosi dan keputusan bisnis menjadi semakin mudah dilakukan, serta terbukanya lapangan berusaha. Yang pada gilirannya, akan dapat menjadi potensi untuk menaikan kesejahteraan hidup dan juga meningkatkan percepatan pembangunan suatu daerah. Kehadiran Telkomsel juga secara konkrit telah membantu peningkatan pendapatan asli daerah setempat, salah satunya melalui pajak periklanan dari kegiatan promosi yang dilakukan.

Kehadiran Telkomsel telah membuka gerbang isolasi, terutama dirasakan di daerah-daerah pedalaman yang bahkan belum dilayani oleh fasilitas listrik, namun akhirnya tersentuh oleh dunia luar dan kemudian tersentuh oleh investor melalui ketersediaan fasilitas jaringan komunikasi bergerak dari Telkomsel.

Seiring dengan meningkatkan kepercayaan pelanggan khususnya dan masyarakat umumnya, Telkomsel tentu tidak akan berhenti untuk terus berbenah diri. Namun sebagai Perusahaan yang dijalankan oleh manusia yang tidak luput dari segala kekurangannya, manajemen serta seluruh jajaran PT.Telkomsel dengan segala kerendahan hati memohon maaf apabila selama 13 tahun menjalankan amanah pelayanannya masih banyak kekurangan dan ketidaknyamanan yang dirasakan baik oleh pelanggan maupun masyarakat pada umumnya. Semoga dengan ikhlas dan semangat 100 tahun kebangkitan nasional, perbaikan dan penyempurnaan yang kami lakukan secara terus menerus dapat segera memenuhi harapan.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: