Posted by: jowvykumala | April 13, 2008

Telkomsel Luncurkan simPATI Kangen di Hongkong

Live Demo Trial Mobile Wallet  Indonesia pertama di Luar Negeri

Telkomsel Luncurkan simPATI Kangen di Hongkong

 

Hong Kong, 13 April 2008

Memasuki usianya yang ke-13 tahun melayani masyarakat Indonesia, hari ini Telkomsel meluncurkan solusi komunikasi hemat yakni kartu prabayar simPATI Kangen dan memperkenalkan layanan mobile wallet T-Cash (Telkomsel Cash) yang menandai hadirnya era mobile wallet Indonesia pertama di luar negeri melalui Live Demo Trial di Hongkong.

 

Direktur Utama Telkomel Kiskenda Suriahardja mengatakan, “Kami berharap kehadiran layanan hasil kerjasama dengan operator selular terkemuka di Hong Kong yaitu CSL dan Shinetown Mobile dalam layanan simPATI Kangen serta kelak dengan Bank Negara Indonesia (BNI) dalam layanan remittance T-Cash; dapat menjadi manfaat bagi masyarakat Indonesia yang bekerja di Hong Kong dan keluarganya yang ada di Indonesia baik dari sisi hemat berkomunikasi maupun kemudahan pengiriman uang lintas negara secara cepat, aman dan lebih murah.”

Telkomsel memberlakukan tarif hemat untuk komunikasi sesama simPATI Kangen yakni SMS gratis, nelpon lokal di Hong Kong hanya HKD 0.06 /menit (sekitar Rp. 72 dengan perkiraan kurs HKD 1 Rp 1.200).

SMS ke nomor-nomor Telkomsel di Indonesia (kartuHALO, simPATI, Kartu As) dikenakan HKD 0.33 (Rp. 396) dan SMS ke operator lain HKD 0.36 (Rp 432)

Untuk menelpon ke nomor Telkomsel di Indonesia (kartuHALO, simPATI, Kartu As) dikenakan HKD 0.68/menit (Rp. 816) atau sekitar 20 persen dibanding tarif normal yang diberlakukan produk sejenis yang ada di Hongkong, dan nelpon ke operator selular lain di Indonesia HKD 0.78 (Rp. 936).

Sedangkan ke Fixed Line/telepon rumah di Jakarta dan Surabaya hanya HKD 0.30/menit (Rp.360),  HKD 0.48 (Rp. 576) ke Blitar dan Malang, dan HKD 0.56 (Rp.672) ke wilayah lain seluruh Indonesia.

Masyarakat pun dapat dengan mudah mendapatkan paket perdana simPATI Kangen maupun isi ulangnya di berbagai outlet yang berjumlah lebih dari 2.000 di Hong Kong. Paket Perdana simPATI Kangen seharga HKD 50 termasuk didalamnya pulsa senilai HKD 50, dengan masa aktif 30 hari. Voucher isi ulangnya tersedia  dalam nominal HKD 20 dan 50.

simPATI Kangen juga memberikan tarif hemat untuk panggilan ke luar negeri Taiwan yakni HKD 0.28/menit ke Telepon Rumah dan HKD 0.78 ke Ponsel. Demikian juga panggilan ke Jepang hanya HKD 0.78, Saudi Arabia HKD 1.50, China HKD 0.20, Macau HKD 0.80, dan USA/ Canada HKD 0.20. Telkomsel juga menyediakan pelayanan pelanggan (Customer Service) berbahasa Indonesia di nomer 82000044 langsung dari ponsel.

Bahkan bagi para keluarga mereka yang di Indonesia juga menikmati tarif murah saat menghubungi anggota keluarganya yang menggunakan simPATI Kangen di Hongkong. Telkomsel memberikan tarif Rp. 800/ menit (melalui akses 01017) dan SMS hanya Rp.350/SMS.   

Telkomsel tidak berjalan sendiri, Layanan simPATI Kangen ini merupakan hasil kerjasama yang baik, dengan ShineTown Mobile sebagai operator penyelenggara layanan dan  CSL sebagai operator besar penyedia jaringan di Hongkong. Khusus dengan CSL Hongkong, Telkomsel juga memiliki ikatan bathin yang erat melalui keanggotaannya dalam Bridge Alliance yang saat ini anggotanya terdiri dari 11 Operator besar di Asia Pacific.

Layanan Simpati Kangen ini juga sudah digelar untuk pertama kalinya di Taiwan, bulan Agustus 2007, yang saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 50.000 pelanggannya atau 55% dari masyarakat Indonesia di Taiwan, dengan ARPU rata2 Rp 500.000,- per bulan.

Namun untuk kali ini di Hongkong menjadi sangat istimewa karena, disini hadir Konjen Indonesia Bp Ferry Adamhar, Bapak Mochammad Ishak dari Bank Indonesia Tokyo dan Direktur Consumer BNI 46 Bapak Darwin Suzandi, karena bersamaan dengan kehadiran simPATI Kangen tarif hemat di Hong Kong ini, juga dilakukan demo ujicoba/trial layanan remittance melalui mobile Wallet Tcash  yang kelak gabungan kedua layanan ini dapat menjawab kebutuhan layanan yang ditunggu-tunggu oleh sekitar 120.000 masyarakat Indonesia yang bekerja dan tinggal di Hong Kong, dimana mereka rata-rata berpenghasilan sekitar HKD 3.500/bulan (Rp 4,2 juta). 

Dalam hubungan anggota keluarga lintas negara ini, kebutuhan komunikasi dan distribusi uang antar mereka menjadi hal yang utama. Kehadiran simPATI Kangen mudah2an dapat menjadi awal dari solusi kebutuhan tersebut, menunggu layanan remittance Tcash tersebut diluncurkan secara komersial kelak setelah diperoleh Ijin dari Bank Indonesia. 

Sebagai gambaran kelak, untuk kemudahan pengiriman uang (remittance) antar anggota keluarga, layanan T-Cash menjadi solusi tepat, karena pelanggan cukup melakukan setoran (cash in) ke BNI di Hongkong. Setelah itu pelanggan akan mendapat notifikasi SMS tentang jumlah uang yang disetor yang  sudah menjadi uang elektronik dan tersimpan didalam Ponsel pelanggan tersebut. Selanjutnya pelanggan dapat mengirimkan uang elektronik dengan ponselnya melalui SMS kepada keluarganya yang ada di Indonesia yang juga telah menggunakan layanan T-Cash. Keluarga yang menerima kiriman SMS Tcash dapat menguangkan uang elektronik tersebut di seluruh merchant T-Cash yang sudah berjalan saat ini yaitu di Indomaret, Fuji Image Plaza, dan BNI.


Responses

  1. Bos, saya kan punya temen di hongkong yang pake simpati kangen. Nah dia sms ke saya bisa bos, tapi kok kalo saya sms ke dia gak bisa ya. Kenapa tuh bos, padahal saya juga make simpati. Punya solusinya gak bos, mohon di bantu. Oh sbgai info, kalo saya sms ke no dia yang lain bisa kok (no hp sim card hongkong).

    Untuk bantuannya saya ucapkan terima kasih.

  2. saya juga hadir pada acar tersebut yg berlangsung dihotel the park line hongkong.

  3. btw bisa ngak ya minta email atau no tlp bapak Kiskenda Suriahardja, pada bulan juli mendatang ada acara disini, mungkin beliau/telkomsel bisa diajak kerjasama sebagai sponsorship


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: