Posted by: jowvykumala | May 24, 2008

Semua Lini Pelayanan TELKOMSEL Bersertifikasi ISO

Best Customer Service Telkomsel 2007

Semua Lini Pelayanan TELKOMSEL Bersertifikasi ISO

 

Jakarta, 24 Mei 2007

Telkomsel kembali berhasil meraih sertifikasi manajemen mutu standard internasional ISO 9001:2000 untuk pelayanan pelanggannya (customer service). Sertifikasi yang diterima tahun ini merupakan sertifikasi unifikasi bagi seluruh pusat layanan Call Center Telkomsel (Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan).

Sertifikasi ini menandai pengakuan mutu taraf internasional bagi semua lini pelayanan pelanggan Telkomsel baik layanan Call Center maupun Walk-in (GraPARI),  dimana dari tahun ke tahun sejak 1997 Telkomsel dapat memenuhi kriteria manajemen mutu pelayanan yang ditetapkan oleh badan sertifikasi TUV Nord yang berpusat di Jerman. Sertikasi ISO ini merupakan cerminan kualitas pelayanan Telkomsel yang mengedepankan nilai customer intimacy dan profesionalisme standar kelas dunia.

VP Customer Service Telkomsel Irwin Sakti mengatakan, “Sertifikat ISO 9001:2000 yang diberikan kepada Telkomsel mencerminkan keseriusan kami dalam menghadirkan pelayanan berorientasi kepuasan pelanggan dan berstandar internasional. Didukung dengan akses pelayanan terlengkap dan terluas, mulai dari Call Center Caroline 24 Jam, SMS, website dan email, hingga sekitar 10.500 titik pelayanan yang tersebar sampai pelosok menjadikan slogan ‘Begitu Dekat Begitu Nyata’, akan dirasakan secara langsung oleh masyarakat.”

“Menjadi garda depan perusahaan yang bersentuhan secara langsung dengan pelanggan bukanlah sebuah pekerjaan mudah karena disinilah tempat terjadi hubungan emosional dengan pelanggan (customer’s emotional point). Untuk itu kami memiliki visi untuk mengarahkan Customer Service Telkomsel tidak hanya sebagai tempat menampung keluh kesah pelanggan saja, melainkan menjadi pusat pelayanan pelanggan terpadu yang mampu memberi solusi dan mengakomodir semua kebutuhan pelanggan”, tambah Irwin.

Telkomsel terus berupaya menghadirkan pelayanan terbaik melalui usaha-usaha peningkatan kualitas, baik sistem maupun SDM-nya. Di tahun 2007 ini Telkomsel menambah kapasitas Call Center-nya menjadi dua kali lipat bekerjasama dengan Infomedia, seiring dengan pertumbuhan pelanggan yang begitu pesat.

Hal ini merupakan wujud komitmen Telkomsel untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan, dimana Call Center Telkomsel merupakan call center tersibuk di Indonesia dengan jumlah call 1,1 juta per hari yang ditangani oleh sekitar 4000 petugas pelayanan didukung sistem canggih IVR (interactive voice response). Bahkan kini Telkomsel telah membuka akses layanan video call center 136 berbasis teknologi 3G, seperti yang banyak diaplikasikan perusahaan-perusahaan di negara maju.

Telkomsel menyadari bahwa aspek kedekatan (proximity) memegang peranan penting dalam membangun hubungan emosional dengan pelanggan. Untuk itu seiring dengan penggelaran jaringan hingga ke pelosok, Telkomsel juga menghadirkan jaringan pelayanannya, dimana saat ini telah tersedia sekitar 10.500 titik pelayanan yang tersebar di seluruh Indonesia, berupa : GraPARI (68 buah), GeraiHALO (210 buah), KiosHALO (2.300 buah), Retail Nasional (2.950) buah, dan Outlet Dealer Telkomsel (5.000 buah).

Best Customer Service 2007

Sebagai upaya menigkatkan kualitas pelayanannya, Telkomsel secara rutin tahunan menggelar ajang kompetisi Best Customer Service Telkomsel 2007 untuk memilih Caroline (customer service online) dan Frontliner terbaik di seluruh Indonesia.  Di sini semua seluruh agent dan officer Customer Service Telkomsel, yang berjumlah sekitar 6000 orang berkompetisi menjadi yang terbaik dalam melayani pelanggan berdasarkan parameter yang sejalan dengan standar mutu ISO 9001:2000 yakni : kualitas solusi layanan, proses layanan, produktivitas, product and procedure knowledge, serta kedisiplinan.

GM Customer Service Telkomsel, Ririn Widaryani mengatakan, ”Ajang rutin Best Customer Service  ini merupakan salah satu cara kami dalam menciptakan iklim kompetisi internal yang membangun. Iklim tersebut dengan sendirinya akan memacu masing-masing individu untuk bersama-sama memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan, yang sekaligus merupakan tanggung jawab kami sebagai operator yang kini dipercaya oleh sekitar 40 juta pelanggan atau lebih dari separoh pengguna ponsel di Indonesia.”


Responses

  1. Wah..Salut buat telkomsel, mas jov,aku mnta tlg dunk buat dikasiin tips agar llos dlm training tes buat CS telkomsel Kupang. Coz kmrn udh training slma 1 mnggu,dan akn diseleksi 1 org dr 3 org yg ikut pd hr selasa bsk.THX

  2. yah…telat replynya nih…😦
    So? gimana? lolos gak jadi CS di sana?

  3. Hi Mas Jov
    salam kenal ya

    saya baru join di Service Quality
    di kantor regional palembang

    terima kasih ya informasinya

    salam
    bambang


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: