Posted by: jowvykumala | June 9, 2008

Telkomsel Raih Nilai Tertinggi SQA Telekomunikasi

Pertahankan “Exceptional Service Quality”  di Service Quality Award 2008

Telkomsel Raih Nilai Tertinggi SQA Telekomunikasi

                  

Jakarta, 9 Juni 2008

Menyongsong era selular berbasis mutu pelayanan (Quality of Sevice), Telkomsel kembali mempertahankan predikat sebagai Exceptional Total Service Quality Satisfaction, dari ajang Service Quality Award 2008. Pengakuan ini semakin mengukuhkan Telkomsel sebagai service leader, dengan tingkat kepuasan pelayanan tertinggi berdasarkan survey tehadap 1.600 responden

 

Service Quality Award merupakan ajang bergengsi yang memberikan penghargaan bagi pelaku industri dengan tingkat kepuasan pelanggan terbaik, dimana tahun ini terdapat 130 merk pelayanan dari 26 kategori yang disurvey oleh lembaga survei independen Carre-CCSL (Center for Customer Satisfaction and Loyalty) dan Majalah Marketing.

Pengukuran dilakukan berdasarkan empat parameter kepuasan secara ketat, yakni: Accesibility, Service Process, People, dan Service Complaint Handling, yang selanjutnya diolah menjadi skor total bernama Indonesian Service Satisfaction Index (ISSI). Telkomsel meraih predikat tertinggi exceptional dengan nilai ISSI 3.9449 cukup jauh dibanding total rata-rata industri telekomunikasi (Selular dan FWA) yang hanya 3.8842, di mana 2 operator selular besar lainnya yakni Indosat (3.8488 ) dan XL (3.8362).

Manager Corporate Communications Telkomsel Suryo Hadiyanto mengatakan, “Penghargaan ini bisa dikatakan sebagai raport pelayanan kami, yang diraih melalui sebuah proses panjang dalam upaya menghadirkan layanan terbaik berstandar internasional. Dalam hal ini, tentunya juga sekaligus menjadi tantangan bagi kami untuk terus meningkatkan mutu pelayanan, seiring tingginya kepercayaan pasar pengguna produk Telkomsel yang mencapai 52 juta pelanggan atau meningkat 2.000 kali lipat dari jumlah di tahun pertama beroperasi yang hanya 26 ribu pelanggan,” pungkas Suryo.

Penghargaan ini merupakan pengakuan pihak luar terhadap keseriusan kami dalam menghadirkan layanan berkualitas. Seperti kita ketahui menyongsong babakan selular berbasis mutu layanan yang digelar pemerintah mulai Juli 2008 ini, Telkomsel telah menyiapkan seluruh komponen infrastruktur layanannya termasuk kualitas jaringan dan pusat pelayanan pelanggan. Hal ini sekaligus mendukung upaya regulator dalam mewujudkan iklim kompetisi yang sehat berorientasi pada quality of service sehingga kemajuan industri ini akan menjadi manfaat nyata bagi para pengguna selular,”

“Sebagai upaya memberikan kesempatan bagi masyarakat luas agar dapat menikmati layanan selular berkualitas, penggelaran jaringan Telkomsel hingga pelosok Indonesia selalu didukung dengan adanya titik-titik pelayanan pelanggan.  Dengan demikian slogan kami yang berbunyi ‘Begitu Dekat Begitu Nyata’ akan dirasakan secara langsung oleh masyarakat,” ungkap Suryo.

“Penghargaan yang diterima Telkomsel merupakan sebuah kepercayaan yang diraih melalui sebuah proses panjang dalam menghadirkan layanan terbaik.  Dalam hal ini, apresiasi yang diberikan oleh berbagai pihak dalam bentuk penghargaan tentunya juga sekaligus menjadi tantangan bagi kami untuk terus berinovasi menghadirkan nilai tambah bagi masyarakat dan  lingkungan bisnis,” pungkas Suryo.

Suryo menambahkan bahwa pusat pelayanan pelanggan menjadi sangat penting mengingat perannya sebagai garda depan perusahaan yang bersentuhan langsung dengan pelanggan. Di samping GraPARI, Telkomsel juga menghadirkan beragam pilihan akses pelayanan on-line 24 jam berupa: Call Center, website, email, dan SMS. Bahkan pelayanan pelanggan Telkomsel telah bersertifikasi manajemen mutu standar internasional ISO.

Telkomsel telah menghadirkan lebih dari 350.000 titik pelayanan sebagai upaya lebih dekat dengan pelanggan dan memberikan kemudahan akses pelayanan berupa: Call Center (4 area), GraPARI (68 buah), GeraiHALO (245), Plasa GraPARI (34), KiosHALO (2.300 buah), Retail Nasional (3.153), Outlet Dealer Telkomsel (5.000), dan M Kios (342.000).

“Pada dasarnya Telkomsel terus berupaya menghadirkan layanan yang memenuhi lima parameter kebutuhan pokok pengguna selular yakni jaringan yang luas, kualitas jaringan yang handal, kelengkapan fasilitas produk dan inovasi, kenyamanan pelayanan purna jual, dan tarif yang semakin terjangkau,” papar Suryo

Dari sisi cakupan layanannya, Telkomsel merupakan operator selular dengan jangkuan terluas yang didukung lebih dari 22.000 BTS (Base Transcever station) yang menjangkau lebih dari 95 persen populasi Indonesia.  Di saat masih banyak operator lain masih berkutat melayani di pusat-pusat bisnis, layanan Telkomsel telah menjangkau hingga pelosok tanah air dari perkotaan hingga pedesaaan bahkan pulau terpencil sekalipun.

Telkomsel juga bermitra dengan 288 operator International Roaming di seluruh belahan dunia yang membuat pelanggan merasakan komunikasi yang tak terputus (seamless roaming), dan memandu industri selular Indonesia untuk Go International dengan menjadi salah satu pendiri Bridge Mobile Alliance (BMA) yang merupakan aliansi operator selular terbesar di Asia Pasifik.

Dalam semester pertama tahun 2008 ini, Telkomsel telah berhasil mendapakan pengakuan terbaik untuk performasi produk, layanan, maupun kinerja perusahaan, yakni: Service Quality Award, Top Brand Award, Call Center Award, Perusahaan Idaman, Golden Ring Award (Best VAS), Selular Award (Best Brand for Overall Category, The Trusted Brand for GSM prepaid,  Best Brand for GSM postpaid, The Trusted Brand for GSM postpaid, The Best Brand for GSM operator), Forsel Awards (Operator GSM Favorit, Kartu GSM Favorit), dan Gadget Award (Best Of The Best Operator, Best Coverage GSM Provider, Best Innovative Customer Service).

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: