Posted by: jowvykumala | July 18, 2008

The BEST INNOVATION AWARD

Makassar,  18 Juli 2008

Hari ini, Telkomsel Area Pamasuka menggelar penyerahan Award untuk karyawan yang berhasil meraih predikat The Best Innovator. Penyerahan Award dilakukan oleh VP Area Pamasuka yang didampingi oleh GM Sales & Customer Service serta GM Network Operatian dari masing-masing Regional Sulmalirja dan Kalimantan.

 

Dari program ini, yang keluar sebagai pemenang masing-masing adalah :

Juara 1            : Abdul Rahman-Staf BSS Outer Kalimantan yang bertugas di GraPARI Pontianak, dengan judul makalah “Hemat Dana Operational dan Maintenance Genset dengan ATS-Combine”

Juara 2            : Arieswaty-Staf SQA Makassar yang bertugas di NO Makassar, dengan judul makalah “Aplikassi Sparepart Management Service (SPMS)”

Juara 3            : Helmi Thalib-Staf IT Area Pamasuka yang bertugas di Regional Kalimantan, dengan judul makalah ”Optimisasi dan Pencapaian Collection melalui implementasi Tools CARIZA”

 

Aplikasi yang ditawarkan oleh Abdul Rahman adalah program rekayasa ulang system Automatic Transfer Switch Main Field (ATS-MF) menjadi Automatic Transfer Switch Combine (ATS-Combine) pada pengoperasian Genset didaerah dengan karakteristik PLN yang tidak kontinyu. Aplikasi ini telah diujicobakan pada 2 unit BTS di Pontianak. Keduanya menunjukkan terjadinya dampak penghematan  konsumsi bahan bakar dan memperpanjang lifetime Genset, sehingga perusahaan dapat menghemat biaya maintenance hingga 50,66 juta rupiah pertahunnya pada setiap BTS.

 

Arieswaty menampilkan aplikasi berbasis website untuk meng-online kan system administrasi dari Spare Part Management Service (SPMS) perangkat BSS/SSS/IN dan Transmisi Minilink sehingga memudahkan mengontrol ketersediaan spare modul (HW) perangkat tersebut di gudang vendor se Regional 9 secara terpusat. System ini juga dapat menjadi pusat informasi untuk up date status spare modul sehingga dapat menilai kinerja vendor dan Telkomsel. Hasil akhirnya adalah administrasi SPMS yang rapi dan up date.

Sementar itu, Helmi Thalib mencoba mengembangkan implementasi Tools Collection Activity Review and Performance Optimization (Cariza) yang berbasis web untuk mengendalikan Pencapaian Collection. Melalui aplikasi ini, dapat diperbaiki pola kerja dan efisiensi penggunaan waktu dalam mengelola collection sehingga dapat dihasilkan value baru bagi perusahaan yakni peningkatan revenue dari sektor collection plus efisiensi biaya management fee pihak ketiga dalam pengelolaan collection.

 

VP Area Pamasuka-Gideon Edie Purnomo dalam sambutannya mengatakan, “Telkomsel Area Pamasuka, setiap tahunnya senantiasa menggelar ajang yang bertujuan untuk memberikan stimulus pada karyawan agar senantiasa menjadi terbaik. Jika pada tahun-tahun sebelumnya Telkomsel memberikan apresiasi kepada personil melalui ajang Pemilihan Karyawan Teladan. Seiring dengan kebutuhan perusahaan, maka tahun ini Telkomsel Area Pamasuka memberikan apresiasi kepada ide dan kreasi karyawan yang dinilai dapat memberikan kontribusi poisitif melalui “The Best Innovation 2008” program”.

  

Ditambahkan oleh Gideon, “Kegiatan seperti ini digelar untuk meningkatkan produktivitas kerja setiap bagian/unit kerja, dalam hal pelaksanaan fungsi tugas dan tanggungjawab dengan berpedoman kepada budaya perusahaan yakni : Customer Intimacy, Profesionalisme, Team Work dan Integrity. Dengan adanya program seperti ini, diharapkan dapat memacu karyawan untuk berprestasi aktif dalam melakukan inovasi serta dapat memberikan motivasi bagi karyawan untuk dapat maju dan berkembang”.

 

Pada program ini, para karyawan dapat memberikan sumbangan pemikiran berupa inovasi yang bermanfaat bagi kemajuan Telkomsel khususnya Area Pamasuka. Tema yang diangkat adalah  Cost Efisiensi &  Efektifitas “ dengan cakupan sebagai berikut :  

a)       Hemat dengan hasil yang sama/optimal, atau biaya sama dengan hasil yang lebih besar

b)       Reenginering proses atau menciptakan mekanisme yang lebih mudah/cepat tanpa menyimpan dari aturan yang baku.

c)        Kreatifitas /inovasi yang dilakukan dapat bermanfaat/diimplementasikan

 

Kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh Karyawan Telkomsel Area Pamasuka untuk level Supervisor, Spesialis dan Staf dan secara perorangan. Peserta harus membuat karya dalam bentuk makalah, dengan materi Kreatifitas/Inovasi yang diajukan berupa kegiatan, program, konsep, aktivitas yang sudah diimplementasikan maupun belum, tetapi secara logis dapat diterapkan dalam lingkungan kerja. Makalah yang diajukan belum pernah di ikutkan pada even sejenis dalam lingkup Telkomsel dan mampu mengambarkan/mencakup point : Inovasi, usaha atau proses, dampak atau hasil.

 

Tahapan perlombaan diawali dengan pengisian Form Pendaftaran dan mengirimkan makalah  ke unit HR pada bulan April 2008. Dilanjutkan dengan penyeleksian makalah tahap awal oleh Tim Penilai (Manager. HRA, GM NO, GM SCS). Pada tahapan ini, tercatat ada 18 peserta yang mengajukan makalah.

 

Kemudian pada bulan Mei 2008, dipilih 7 makalah terbaik untuk diikutkan pada sesi seleksi Presentasi secara terbuka dihadapan tim penguji yang beranggotakan VP Area, GM NO dan GM SCS, Manager HRA, Manager Terkait dan pihak luar (pakar/dosen yang sesuai dengan isi makalah). Tahapan terakhir adalah penentuan Pemenang 1, 2 dan 3, dimana masing-masing pemenang berhak untuk mendapatk hadiah 1 unit Laptop.

 

Aplikasi yang ditawarkan oleh Abdul Rahman selaku pemenang pertama bahkan sudah dipresentasikan di Batam untuk diaplikasikan di sana. Targetnya, inovasi ini akan diterapkan di seluruh Telkomsel se Indonesia.


Responses

  1. Hidup orang bulukumba cez!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. Trus tingkatkan prestasi adik n lakukan inovasi pd penemuanx bravo buat adik .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: