Posted by: jowvykumala | September 7, 2008

Telkomsel Luncurkan T-Remittance di Hongkong

Layanan transfer uang via ponsel bagi TKI dari Luar Negeri

Telkomsel Luncurkan T-Remittance di Hongkong

 

Hong Kong, 7 September 2008

Dalam suasana 100 Tahun Kebangkitan Indonesia, Telkomsel meluncurkan inovasi layanan konvergensi layanan selular dengan perbankan bernama T-Remittance yang memungkinkan para Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri bisa melakukan transfer uang ke keluarganya di Indonesia secara mudah, cepat, aman dan efisien.

Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja berjabat tangan dengan CEO ShineTown Telecommunication James Lam sesaat penandatangan kemitraan untuk pengiriman uang T-Remittance via ponsel buat TKI disaksikan oleh Direktur Utama BNI Gatot Suwondo (kiri), Kepala Perwakilan BI Asia Pacific Tokyo M.Ishak (kedua dari kiri) dan Staff Ahli Meneg BUMN Alexander Rusli (kanan) di Elisabeth Stadium Hongkong.

Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja berjabat tangan dengan CEO ShineTown Telecommunication James Lam sesaat penandatangan kemitraan untuk pengiriman uang T-Remittance via ponsel buat TKI disaksikan oleh Direktur Utama BNI Gatot Suwondo (kiri), Kepala Perwakilan BI Asia Pacific Tokyo M.Ishak (kedua dari kiri) dan Staff Ahli Meneg BUMN Alexander Rusli (kanan) di Elisabeth Stadium Hongkong.

Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja mengatakan, ”Peluncuran ini merupakan kelanjutan implementasi T-Remittance setelah sukses diuji coba Live Demo di Hongkong April 2008 lalu dan mendapatkan ijin dari Bank Indonesia selaku regulator pada 12 Agustus 2008, sekaligus awal dari diversifikasi layanan dimana Telkomsel tidak hanya menghadirkan layanan selular tapi juga layanan transaksi kerjasama dengan perbankan.”

 

Kiskenda berharap kehadiran layanan T-Remittance hasil kerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) ini, dapat menjadi manfaat bagi masyarakat Indonesia yang bekerja di Hong Kong dan keluarganya yang ada di Indonesia dalam hal kemudahan pengiriman uang lintas negara secara mudah, cepat, aman dan efisien.”

Acara yang dihadiri ribuan TKI ini menjadi istimewa karena dihadiri Menakertrans Erman Suparno, Kepala Perwakilan BI Tokyo Mohammad Ishak, Direktur Utama BNI Gatot Suwondo, Konjen Indonesia di Hongkong Ferry Adamhar, dan Staf Ahli Meneg BUMN Alexander Rusli

“Kehadiran berbagai pihak dalam acara peluncuran ini karena kehadiran layanan remittance melalui mobile wallet T-Cash (Telkomsel Cash) ini tidak hanya sekedar komersialisasi konvergensi layanan operator selular dengan dunia perbankan, tetapi lebih dari itu menandai hadirnya new industry hasil kolaborasi yang melibatkan banyak pihak. Telkomsel lebih menjadi fasilitator dengan bertitik tolak dari melayani pelanggan kartu prabayar yang kini telah mencapai hampir 60 juta pelanggan,” papar Kiskenda

Sebagai service leader operator selular di Indonesia, Telkomsel tidak hanya melayani masyarakat Indonesia yang berada di Indonesia tapi juga yang mereka yang kerja dan tinggal di luar negeri, sebagaimana di Hongkong ini melalui produk kartu prabayar simPATI Kangen yang merupakan hasil kerjasama dengan ShineTown Mobile (operator penyelenggara layanan) dan CSL (operator besar penyedia jaringan di Hongkong). Khusus dengan CSL Hongkong, Telkomsel memiliki ikatan batin yang erat melalui keanggotaannya dalam Bridge Alliance yang saat ini beranggotakan 11 Operator terkemuka di Asia Pacific.

Gabungan kedua layanan T-Remittance dan simPATI Kangen di Hong Kong ini, diharapkan dapat menjawab kebutuhan layanan yang ditunggu-tunggu oleh sekitar 120.000 masyarakat Indonesia yang bekerja di Hong Kong, dimana rata-rata berpenghasilan sekitar HKD 3.500/bulan (Rp 4,2 juta). Hal ini dikarenakan dalam hubungan anggota keluarga lintas negara, kebutuhan komunikasi dan distribusi uang antar mereka menjadi hal utama.

Layanan T-Remittance juga merupakan salah satu bentuk sinergi BUMN baik dari sisi perusahaan maupun sinergi produk, dalam upaya meningkatkan value BUMN di tingkat global dan pelayanan masyarakat.

Sinergi yang dilakukan Telkomsel selaku anak perusahaan BUMN Telkom dengan BNI dalam  menghadirkan inovasi produk sinergi layanan selular dan perbankan bernama T-Remittance ini, mendapat dukungan penuh dari Kementrian BUMN.

Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh staf ahlinya Alexander Rusli mengatakan, “Dengan visi pelayanan dan membangun less cash society diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi secara lebih merata dan terkendali, dan tentunya kemudahan bagi masyarakat dalam menikmati kemajuan teknologi maupun jangkauan pelayanannya. Dengan potensi 60 juta pelanggan selular yang dimiliki Telkomsel dan coverage yang sangat luas menjangkau hingga pelosok negeri, kini dalam hal bertransaksi bisa semakin cepat, mudah, aman dan efisien.  Mudah-mudahan BUMN memiliki value yang tinggi, melalui sinergi antar perusahaan BUMN sebagaimana yang dilakukan anak perusahaan Telkom dan BNI dalam menghadirkan sinergi produk selular dan perbankan. Dan BUMN pun dapat melayani masyarakat Indonesia bukan saja yang tinggal di Indonesia tapi juga yang di luar negeri.

(Dari kiri ke kanan) Director Wholesale&Carier Business HKCSL Wesley Chang, Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja, Menakertrans RI Erman Suparno, Konjen RI di Hongkong dan Direktur Utama BNI Gatot Suwondo saat peluncuran layanan pengiriman uang via ponsel bagi TKI di Queen Elisabeth Stadium Hongkong.

(Dari kiri ke kanan) Director Wholesale&Carier Business HKCSL Wesley Chang, Direktur Utama Telkomsel Kiskenda Suriahardja, Menakertrans RI Erman Suparno, Konjen RI di Hongkong dan Direktur Utama BNI Gatot Suwondo saat peluncuran layanan pengiriman uang via ponsel bagi TKI di Queen Elisabeth Stadium Hongkong.

 

Untuk kemudahan pengiriman uang, layanan T- Remittance menjadi solusi tepat, karena pelanggan cukup melakukan setoran (cash in) ke BNI di Hongkong. Setelah itu keluarga penerima yang telah menggunakan layanan T-Cash akan menerima notifikasi SMS kiriman dan dapat langsung menguangkan uang elektronik tersebut di kantor BNI terdekat (titik menguangkan akan terus ditambah di lebih banyak titik yakni GraPARI dan merchant-merchant T-Cash yang jumlahnya ribuan tersebar di berbagai wilayah Indonesia)

Kedepannya, setoran uang (cash in) juga bisa dilakukan di merchant mitra Telkomsel di Hongkong seperti ShineTown Mobile. Uang yang disetor otomatis menjadi uang elektronik yang tersimpan di dalam ponsel pengirim (ponsel menjadi dompet digital T-Cash), dimana pelanggan akan mendapatkan notifikasi SMS tentang jumlah uang yang disetor. Selanjutnya dapat mengirimkan uang elektronik dengan ponselnya melalui SMS kepada keluarganya pengguna layanan T-Cash di Indonesia dan bisa langsung diuangkan di titik Pelayanan T-Cash terdekat yang jumlahnya ribuan.

“Bank Indonesia mempercayakan lisensi kepada Telkomsel bukan semata-mata karena sebagai perusahaan di lingkungan BUMN, tapi dengan jumlah pelanggan yang besar dan jaringannya yang luas, Telkomsel bisa memenuhi segala aspek yang dipersyaratkan dan proven dalam layanan ini. Layanan senmacam ini sudah digagas sejak 3 tahun lalu. Alhamdulillah sekarang terwujud dan saya rasa sistem ini bisa menggaet para pekerja migran,” ungkap Kepala Perwakilan BI Tokyo Mohammad Ishak.

“Bank Indonesia mengharapkan agar pelayanan ini dijaga keamanannya agar dapat mengamankan kepentingan dari pahlawan devisa kita di luar negeri,’ tambahnya

Konjen Indonesia di Hongkong Ferry Adamhar mengungkapkan, ”Kami memperkirakan jumlah uang yang dikirim para TKI ke tanah air sekitar Rp 5-7 triliun per tahun. Dari jumlah itu, jasa pengiriman uang lewat nonperbankan masih mendominasi, perusahaan jasa di Hongkong sangat agresif mendekati para TKI menawarkan kecepatan pengiriman uang. Untuk itu kami menyambut baik langkah Telkomsel dan BNI yang memadukan kecanggihan selular dengan perbankan dalam menghadirkan T-Remittance sebagai solusi layanan pengiriman uang yang mudah, cepat, aman dan murah”.

Direktur Utama BNI, Gatot M Suwondo mengatakan, ”BNI saat ini merupakan satu-satunya bank yang bekerja sama dengan Telkomsel dalam hal T-Remittance, hal ini diharapkan jadi salah satu competitive advantage yang ditawarkan BNI bagi nasabah. Kami berharap dengan kehadiran Telkomsel sebagai strategic alliance mampu mempercepat proses delivery remittances instantly, hitungan menit setelah remittance diterima dari pengirim dana”.

Lebih lanjut Gatot mengatakan bahwa melalui sinergi layanan T-Remittance ini, kami juga berupaya agar para TKI familiar dengan perbankan Dari hanya menggunakan jasa perbankan untuk pengiriman uang, hingga nantinya kami berharap dari diri TKI muncul budaya ke bank, yakni kebiasaan untuk menginvestasikan sebagian dari pendapatannya dalam bentuk tabungan.


Responses

  1. Aku seneng ada program t-remittance, kayanya soal tranferer mentransfer bakalan jadi lebih eunak,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: