Posted by: jowvykumala | October 8, 2008

Traffic Call Area Pamasuka Naik 200% Lebih

Layanan Telkomsel pada Hari Besar

Traffic Call Area Pamasuka Naik 200% Lebih

 

Makassar, 8 Oktober 2008

 

Seperti yang diperkirakan bahwa trend penggunaan ponsel pada hari Lebaran terjadi peningkatan. Baik dari sisi trafik panggilan maupun SMS (short message service). Pola peningkatan trafik tersebut di Area Papua-Maluku-Sulawesi-Kalimantan dapat ditunjukkan seperti ini :

          Trafik panggilan meningkat antara 116-127% pada hari Lebaran jika dibanding hari biasa.

          Trafik panggilan pada hari Lebaran tahun ini, naik hingga 226% dibandingkan pada hari Lebaran tahun lalu.

          Trafik SMS meningkat antara 144-158% pada hari Lebaran jika dibanding hari biasa.

          Trafik SMS pada hari Lebaran tahun ini, naik hingga 140-243% dibandingkan pada hari Lebaran tahun lalu.

 

Namun Telkomsel sudah mengantisipasi kenaikan pengiriman SMS tersebut dengan peningkatan kapasitas SMS Service Center di TTC (Telkomsel Telecommunication Center) Makassar dari 1.500 SMS/detik, menjadi sanggup memproses 4.500 SMS/detik di Lebaran sekarang, atau berkemampuan melayani sekitar 388,8 jt SMS/hari.

 

Sementara kapasitas SMS Service Center di TTC di Kalimantan juga ditingkatkan dari yang awalnya mampu mengirim 1.000 SMS/detik menjadi 4.000 SMS/detik atau setara dengan 345,6 jt SMS/hari.

 

VP Area Pamasuka-Gideon Edie Purnomo mengatakan “Berkat semua persiapan Telkomsel dan peningkatan kapasitas dalam skala besar, tahun ini lalu-lintas SMS di periode Lebaran relatif lancar dan pelanggan dapat mengirim SMS ucapannya dengan relatif lancar tanpa banyak delay. Terjadi beberapa delay penyampaian SMS terutama ke nomor operator lain akibat kapasitas jaringannya, namun lebih dari 80% dari semua SMS yang dikirim pelanggan Telkomsel saat Idul Fitri, tiba di nomor penerimanya dalam waktu tidak lebih dari 3 menit dan SMS lainnya juga terkirim segera setelah itu dalam hari yang sama.”

 

Hingga akhir September 2008, jaringan Telkomsel di Regional Sulmalirja didukung oleh 2070 unit BTS (Base Tranciever Station), 121 unit BSC (Base Service Controler) dan 15 MSC (Master Switching Center) yang telah meng-cover 100% ibukota kabupaten dan 70% kota kecamatan. Dengan kemampuan melayani 11,45 juta pelanggan sekaligus.

 

Sementara jaringan Telkomsel di regional Kalimantan didukung oleh 2001 unit BTS (Base Tranciever Station), 57 unit BSC (Base Service Controler) dan 9 MSC (Master Switching Center) yang telah meng-cover 100% ibukota kabupaten dan 90% kota kecamatan. Dengan kemampuan melayani 6,95 juta pelanggan sekaligus.

 

Jumlah pelanggan yang dilayani di Area Pamasuka per akhir September 2008 telah mencapai total sekitar 12,8 juta customer base. Masing-masing 5,9 di Regional Kalimantan dan 6,9 di Regional sulmalirja. Jumlah tersebut mengalami pertumbuhan hingga 140% dari poisisi tahun 2007 lalu.

 

Trend pelanggan dalam penggunaan trafik tahun ini menunjukkan pola yang variatif. Seperti pola panggilan di hari-hari besar pada umumnya, hampir sebagian besar pelanggan di Kalimantan memiliki kecenderungan untuk menggunakan ponselnya pada hari H Lebaran. Demikian pula dengan pelanggan di wilayah Papua dan Ambon.

 

Namun pelanggan wilayah Kalselteng justru lebih besar peningkatan penggunaan trafiknya pada H-1. Sedangkan pelanggan di wilayah Sulawesi Utara-Maluku Utara-Gorontalo serta Sulawesi Selatan-Tengah-Tenggara-Barat malah meningkat penggunaan trafiknya setelah hari H+2.

 

Aktifitas selama Ramadhan

Mengisi bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah dan rahmat, Telkomsel Area Pamasuka juga menggelar kegiatan sosial yang dikemas dalam program SAFARI RAMADHAN.

 

Kegiatan Safari Ramadhan merupakan program rutin tahunan yang digelar oleh Telkomsel. Momentum bulan suci ini dimanfaatkan oleh management Telkomsel untuk bersilahturahmi dengan mekanisme kunjungan ke lokasi kerja GraPARI oleh para pimpinan setingkat Direksi, Vice President dan General Manager. Pada saat yang sama, Telkomsel juga menyediakan bantuan untuk disalurkan ke yayasan yang mengelola Panti Asuhan, sebagai wujud kepedulian kepada sesama.

Untuk Area Pamasuka yang memiliki 17 titik lokasi GraPARI, total jumlah anak Yatim/Piatu yang mendapat bantuan adalah sebanyak 4.650 anak. Masing-masing 2350 dalam regional Kalimantan dan 2300 dalam regional Sulmalirja. Penyerahan bantuan tersebut merupakan bagian dari program nasional bantuan kepada 100.000 anak yatim piatu se-Indonesia.

Empat hari sebelum Hari Raya Idul Fitri, Telkomsel Regional Sulmalirja juga memberikan program mudik gratis dengan jurusan Makassar-Bulukumba dan Makassar-Parepare kepada sekitar 300 pelanggan di kota Makassar, serta 100 mitra outlet di Gorontalo untuk mudik gratis ke jurusan Gorontalo-Manado dan Gorontalo-Marisa.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: