Posted by: jowvykumala | November 26, 2008

Telkomsel Hadirkan Layanan SMS Crew Garuda Indonesia

Solusi Korporat Tingkatkan Mutu Pelayanan

Jakarta, 26 November 2008

Hari ini Telkomsel dan Garuda Indonesia menandatangani kerjasama penerapan layanan SMS Crew, yang menghadirkan kenyamanan bagi seluruh awak pesawat untuk mendapatkan jadwal penerbangan dan mengakses beragam informasi perusahaan yang dibutuhkan secara mudah langsung dari ponselnya.

SMS Crew, HALOCorporate, Mobile VPN, NSP (Nada Sambung Pribadi) Corporate, Telkomsel BlackBerry®, Telkomsel Flash, USSD (Unstructured Supplementary Service Data), dan GFF (Garuda Frequent Flyer)

Direktur Niaga Telkomsel Leong Shin Loong (kanan) bertukar piagam kerjasama dengan Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt. Ari Sapari yang menandai kerjasama penerapan business solutions Telkomsel (26/11). Penerapan solusi bisnis tersebut merupakan komitmen Telkomsel dalam meningkatkan keunggulan kompetitif Garuda Indonesia yang meliputi layanan: SMS Crew, HALOCorporate, Mobile VPN, NSP (Nada Sambung Pribadi) Corporate, Telkomsel BlackBerry®, Telkomsel Flash, USSD (Unstructured Supplementary Service Data), dan GFF (Garuda Frequent Flyer)

Selain itu beragam solusi bisnis lainnya yang meliputi layanan: HALOCorporate, Mobile VPN, NSP (Nada Sambung Pribadi) Corporate, Telkomsel BlackBerry®, Telkomsel Flash, USSD (Unstructured Supplementary Service Data), dan GFF (Garuda Frequent Flyer) juga telah menjadi bagian dari kerjasama ini.

 

Penerapan solusi bisnis tersebut merupakan komitmen Telkomsel dalam meningkatkan keunggulan kompetitif pelanggan korporatnya dalam hal efisiensi, efektivitas, kinerja, serta pengembangan bisnis. Penandatangan kerjasama dilakukan oleh Direktur Niaga Telkomsel Leong Shin Loong dan Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt. Ari Sapari.

Shing Loong mengatakan, ”Sinergi Telkomsel dan Garuda Indonesia didasarkan pada visi kedua perusahaan di lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki kesamaan dalam pelayanan publik. Sekaligus merupakan kerjasama strategis perusahaan yang memiliki reputasi pada industrinya masing-masing, dimana Garuda merupakan perusahaan penerbangan pembawa bendera negara dengan reputasi internasional, dan Telkomsel sebagai operator telekomunikasi terkemuka dengan jaringan terluas yang menjangkau lebih dari 95% populasi negeri. ”

”Solusi Bisnis Telkomsel berupa layanan SMS Crew tentunya sangat dibutuhkan dalam mendukung kelancaran operasional penerbangan Garuda Indonesia, karena kecepatan dan ketepatan informasi berkaitan dengan tugas para awak pesawat, akan mendukung ketepatan jadwal penerbangan. Hal ini tentunya menjadi bagian dari upaya Garuda dalam peningkatan kualitas layanan sekaligus membawa manfaat bagi pelayanan penumpang,” ungkap Shing Loong.

Dalam kegiatan operasional penerbangannya, Garuda Indonesia melayani 19 kota tujuan internasional dan 22 kota tujuan domestik atau sekitar 279 kali penerbangan per hari. Tentunya bukanlah hal yang mudah untuk dapat mengatur pengiriman dan penerimaan pesan/informasi kepada para awak pesawatnya serta memastikan semuanya terkoordinasi secara tepat.

Melalui Layanan SMS Crew Telkomsel, Garuda Indonesia akan mampu menyederhanakan penyebaran informasi yang harus diketahui oleh seluruh awak pesawat, antara lain menyangkut informasi jadwal tugas, perubahan jadwal tugas, berita keluarga, serta penyampaian berbagai pengumuman lainnya.

Cukup dengan metode SMS baik push maupun pull yang telah umum digunakan, kini setiap awak pesawat dapat memperoleh jadwal tugasnya selama satu minggu atau satu bulan, mendapatkan nama-nama awak pesawat yang bertugas dengan jadwal yang sama, memastikan awak pesawat yang bersangkutan melaksanakan jadwal terbangnya, serta memungkinkan karyawan mengirim pesan ke sistem untuk menarik informasi.

Ari Sapari mengatakan, “Sebagai ‘flag carrier’ yang mengoperasikan 52 pesawat dengan 6.500 karyawan dimana 3000 diantaranya adalah crew udara yang mempunyai mobilitas yang sangat tinggi, serta harus memonitor pergerakan pesawat diseluruh dunia, tentunya Garuda Indonesia bergantung pada teknologi tinggi serta system yang canggih.”

“Penerapan Corporate Business Solution tentu akan membantu dalam menjalankan bisnis operasi Garuda Indonesia saat ini. Informasi harus di sampaikan dengan cepat sehingga keputusan dapat diambil dengan cepat dan tepat pula sehingga peluang bisnis yang ada dapat dimaksimalkan.  Kami berharap Telkomsel juga dapat terus menghadirkan solusi bagi kebutuhan kami yang terus berkembang,” tambah Ari.

VP Corporate Account Management Telkomsel Aulia E. Marinto mengatakan,”Telkomsel juga menggelar solusi bisnis lainnya untuk memenuhi kebutuhan Garuda seperti layanan USSD, m-Garuda. Melalui menu browser yang diakses langsung dari ponselnya, maka nantinya pelanggan Garuda dapat mengakses berbagai info penerbangan, reservasi, booking, bahkan melakukan pembayaran dengan mudah dan nyaman, layaknya memilki personal assistance penerbangan yang selalu berada dalam genggaman.”

Solusi bisnis lainnya adalah Mobile VPN (Virtual Private Network), yang memberikan kehematan tarif komunikasi untuk panggilan sesama Telkomsel dan lebih murah lagi untuk panggilan sesama jaringan karyawan Garuda. Selain itu Telkomsel juga menghadirkan solusi yang mendukung program Customer Relationship Management, yakni Garuda Frequent Flyer (GFF), sehingga anggota GFF dapat mengakses beragam informasi dan previllege-nya seperti info milage langsung dari ponselnya.

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: