Posted by: jowvykumala | February 24, 2009

Waspadai Penipuan Via SMS & Telpon

Penipuan berkedok undian berhadiah lewat SMS dan melalui telpon langsung ke Hand Phone belakangan ini kian marak. Apalagi dengan banyaknya program undian yang digelar oleh Telkomsel dengan berbagai hadiah menarik. Penipu kerap memanfaatkan program tersebut untuk melakukan aksinya menipu para pelanggan yang mudah terpercaya oleh iming-iming hadiah.

 

Penipuan dengan modus operandi SMS (Short Masage Service) dan Telpon  dengan menghubungi nomor-nomor handphone yang mengatakan memenangkan sebuah hadiah mobil atau sejumlah uang atau sejumlah voucher dari hasil undian PT. Telkomsel telah menelan banyak korban.

 

Untuk itu KAMI mengingatkan kepada masyarakat pada umumnya dan khususnya pelanggan Telkomsel baik pengguna kartu simPATI, Kartu AS maupun kartuHALO untuk tidak percaya kepada SMS atau telpon yang menyesatkan tersebut. Karena SMS dan telpon  berkedok hadiah tersebut merupakan bentuk penipuan yang ingin merusak citra perusahaan operator dan tipuan orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengeruk keuntungan pribadi.

 

Dalam setiap program berhadiah, Telkomsel senantiasa memberikan  informasi kepada pemenang melalui pengumuman secara resmi  di media masa dan melalui surat resmi yang dikirimkan kepada pemenang. Selain itu juga dapat dilihat melalui media HALO yang dikirimkan kepada pelanggan kartuHALO setiap bulannya.

 

Untuk itu diharapkan kepada pelanggan Telkomsel bila menerima SMS atau telpon  yang sifatnya iming-iming hadiah agar tidak langsung mempercayainya. Agar lebih puas Pelanggan bisa  melakukan konfirmasi langsung kepada Telkomsel.

 

Sebagai informasi bagi para pelanggan, Telkomsel memiliki layanan bebas pulsa 24 Jam yang dapat diakses dari kartuHALO (Tekan 111 dari HP) dan simPATI  dan Kartu AS (116 dari HP). Agent caroline kami akan membantu anda dalam memberikan informasi dan layanan yang diperlukan. Selain itu pelanggan juga dapat langsung mendatangi GraPARI Telkomsel atau GeraiHALO  terdekat yang ada di kota anda.

 

Berikut disampaikan beberapa hal yang dihimbau/sarankan kepada pelanggan Telkomsel dan masyarakat pada umumnya dalam rangka mengantisipasi penipuan dengan modus SMS / Telepon dengan iming-iming Memenangkan Undian :

 

1.       Abaikan atau hapus SMS tersebut

2.       Jangan sekali-kali melakukan konfirmasi ke nomor ponsel/handphone pengirim SMS, maupun ke nomor ponsel/handphone yang disebutkan dalam SMS atau telpon tersebut.

3.       Jangan ikuti perintah apa pun dari pihak yang mengirimkan SMS dan telpon ke HP Anda.

4.       Apabila menerima SMS / Telpon  yang isinya  informasi mengenai pemenang pada undian berhadiah agar tidak panik dan langsung percaya, terlebih dahulu mengecek ke Telkomsel baik dengan melakukan panggilan ke 111 (dari KartuHALO) atau ke 116 (dari Simpati dan Kartu As), untuk panggilan ke 111 dan 116 tersebut bebas pulsa atau datang langsung ke GraPARI / GeraiHALO  Terdekat untuk menanyakan apakah penerima SMS atau telpon  tersebut benar memenangkan suatu undian.

5.       Telkomsel tidak pernah meminta pelanggan yang menang untuk mentransfer sejumlah uang ataupun perintah membeli voucher ke pihak-pihak tertentu.

6.       Jangan ikuti perintah apa pun dari pihak yang mengirimkan SMS, termasuk jangan sekali-kali menyebutkan nomor rekening tabungan anda.

7.       Telkomsel tidak pernah mengenakan biaya bagi pelanggan yang memenangkan undian (seluruh pajak ditanggung Telkomsel)

8.       Pihak Telkomsel akan mengirim Surat Resmi untuk pelanggan yang memenangkan undian dan akan dikonfirmasi melalui telpon serta diarahkan untuk berkoordinasi dengan GraPARI Setempat / terdekat

9.       Bagi pelanggan yang  didatangi langsung oleh pihak yang mengatas namakan Telkomsel,  agar tidak langsung atau mudah percaya, karena pihak Telkomsel akan mengkonfirmasikan terlebih  dahulu kepada pelanggan lewat telpon / surat kabar / surat resmi dan lebih menekankan kepada pelanggan untuk datang langsung ke GraPARI. Pelanggan sebaiknya melakukan klarifikasi ke GraPARI setempat untuk memastikan apakah pihak yang datang tersebut benar Pihak Telkomsel atau bukan.

10.    Saat ini juga sudah mulai marak penipuan dengan modus menelpon pelanggan dan mengaku rekan kerja / sahabat / keluarga / pihak instansi tertentu, selanjutnya yang bersangkutan merayu korbannya agar mengirimkan sejumlah voucher / pulsa ke nomor tertentu. Untuk itu kami himbau agar pelanggan mengecek dahaulu kebenaran nomor yang menghubungi tersebut apakah benar yang bersangkutan adalah benar rekan kerja / sahabat / keluarga  kita.

11.    Laporkan segera ke pihak Kepolisian terdekat, jika ada nomor-nomor tertentu yang menunjukan indikasi melakukan penipuan. Kepolisian akan bekerjasama dengan Telkomsel untuk melakukan tindakan lebih lanjut terhadap nomor penipu tersebut.


Responses

  1. yup..tadi sy abs ditelp sm 081236113811, katanya si menang motor disuru hub no 001628128100303
    ya ndk dihubungi si..pengen ngasi info aja..
    bisa ketahuan ndk si sapa yg nelp?diblokir aja skalian mbak nomernya..

  2. tadi siang aq di telp juga sama no 081377762286 katanya dia bendahara keuangan grapari jakpus. disebutkan aq menang undian talkmania sebesar 5jt. tolong di usut juga klo bisa ya… thanks.

  3. barusan saya ditelpon 081318640909 katanya dari grapari jakarta, dikasih tau menang undian 20 jeti…
    bodo amat ah he3x…

  4. gw barusan di tlp 081271561043, ngakunya ibu rini dr grapari telkomsel yg lg ultah hari ini.
    ktnya gw menang 10jeti n duitnya mo di trf. trus ditanya no rek gw. lantas gw ditanya apakah bawa kartu atn dan gw jawab ‘ada’ dan disuruh ke atm. (loh kok???)
    sampe di sini gw mikir jgn2 gw kena hipnotis lg, (tp ternyata ngga gw msh sadar kok). so gw bilang aja gw lg sibuk di ktr ntar aja ke atmnya. trus gw di suruh misscall kl udah siap… bah!
    tolong diusut nomernya yah telkomsel, kl bisa diciduk spy pelanggan telkomsel ngga ada yg ketipu lg.

  5. ada lagi neh, kemaren saya ditelpon 081237246071, katanya menang hadiah sepeda motor trus disuruh menghubungi 081237306116…

  6. kemana laporin no. hp ini 0812884485909, apa bisa dilacak, diblokir? dia bilang saya dapat hadiah 10 jt, saya sih sudah paham maksudnya, dan saya bilang saya tidak punya rekening bank kalau mau kirim via wesel pos saja, gak apa biaya kirimnya potong dari hadiah …. heheheh… bodoh benar itu orang…

  7. hati ada nomor baru yg mu nipu 081219253939

  8. Tambahin lagi list no. simpati yang suka menipu. Gw liat di http://pulsa.web.id/hlrlookup sih ini no asal makassar. Dia telpon dari no:081343914211

    Disitu di bilang lu menang avanza, voucher pulsa bla..bla..bla…standar lah. Terus dia suruh lu telpon balik ke: 001 6281319113421.

    Kalau kalian perhatikan, 001 seolah2 no keluar negeri. Sisanya no. simpati biasa. Alias rekanannya sih penipu. Gw nyoba nelpon nomor temen gw yang simpati(sebelumnya apus dulu record temen kita di hp), pake 001 diikuti 6281xxxxx. Dan hasilnya nyambung, sama seperti kalian telpon temen cm di tambahin 001 depannya. So, be careful.

  9. Tambahan, penipu itu nada dan suaranya mencurigakan. Kayak mencoba menghipnotis gitu, datar dan seperti diberatkan. So jgn sampai kena ok

  10. 081357005702 ======> awas hati2 banyak penipu, salah satu nomor penipu….intinya jangan sampai anda2 keluar uang dulu sepeserpun waktu menjual sesuatu!!! update klo ada nomer lain. thanks

  11. Jov tlg cek jg 081342492706 n`081231661807 baru 2 ini ada hub aku ky dpt hadiah jg..aku dsruh hub grapari terdkat……….tlg y……….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: