Posted by: jowvykumala | May 8, 2009

Raih Service Quality Award 3 kali berturut-turut ; Telkomsel Pertahankan Kualitas Pelayanan Tertinggi

Jakarta, 8 Mei 2009

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno (tengah) menerima Service Quality Award 2009 dari CEO Center for Customer Satisfaction and Loyalty (CCSL) Yuliana Agung dan Pemimpin Redaksi Majalah Marketing P.J. Rahmat Susanta (7/5). Telkomsel kembali mempertahankan kualitas pelayanan tertinggi selama 3 tahun berturut-turut berdasarkan survey terhadap 2.400 responden.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno (tengah) menerima Service Quality Award 2009 dari CEO Center for Customer Satisfaction and Loyalty (CCSL) Yuliana Agung dan Pemimpin Redaksi Majalah Marketing P.J. Rahmat Susanta (7/5). Telkomsel kembali mempertahankan kualitas pelayanan tertinggi selama 3 tahun berturut-turut berdasarkan survey terhadap 2.400 responden.

Telkomsel kembali mempertahankan kualitas pelayanan tertinggi selama 3 tahun berturut-turut dari ajang Service Quality Award 2009. Pengakuan ini semakin mengukuhkan Telkomsel sebagai service leader dengan tingkat kepuasan pelayanan tertinggi berdasarkan survey tehadap 2.400 responden.

Service Quality Award merupakan ajang bergengsi yang memberikan penghargaan bagi pelaku industri dengan tingkat kualitas pelayanan terbaik, di mana tahun ini terdapat 142 merek pelayanan dari 26 kategori yang disurvey oleh lembaga survei independen Carre-CCSL (Center for Customer Satisfaction and Loyalty) dan Majalah Marketing.

Pengukuran dilakukan berdasarkan lima parameter kepuasan secara ketat, yakni Accessibility, Service Process, People, Service Complaint Handling, dan Repair Work Quality yang selanjutnya diolah menjadi skor total bernama Indonesian Service Satisfaction Index (ISSI). Telkomsel meraih predikat tertinggi untuk kategori Selular GSM dengan nilai ISSI 3.9055, cukup jauh dibanding total rata-rata industri yang hanya 3.8794 dan 2 operator selular besar lainnya, yakni Indosat dan XL, yang masing-masing memperoleh nilai 3.8960 dan 3.8165.

Manager Corporate Communications Telkomsel Suryo Hadiyanto mengatakan, “Penghargaan ini bisa dikatakan sebagai raport pelayanan kami, yang diraih melalui sebuah proses panjang dalam upaya menghadirkan layanan terbaik berstandar internasional. Dalam hal ini, tentunya juga sekaligus menjadi tantangan bagi kami untuk terus meningkatkan mutu pelayanan, seiring tingginya kepercayaan pasar pengguna produk Telkomsel yang mencapai 73 juta pelanggan.”

“Penghargaan ini merupakan pengakuan pihak luar terhadap keseriusan kami dalam menghadirkan layanan berkualitas. Seperti kita ketahui sejak babakan selular berbasis mutu layanan yang digelar pemerintah tahun lalu, Telkomsel telah menyiapkan seluruh komponen infrastruktur layanannya termasuk kualitas jaringan dan pusat pelayanan pelanggan. Hal ini sekaligus mendukung upaya regulator dalam mewujudkan iklim kompetisi yang sehat berorientasi pada quality of service sehingga kemajuan industri ini akan menjadi manfaat nyata bagi para pengguna selular,” ungkap Suryo.

“Sebagai upaya memberikan kesempatan bagi masyarakat luas agar dapat menikmati layanan selular berkualitas, penggelaran jaringan Telkomsel hingga pelosok Indonesia selalu didukung dengan adanya titik-titik pelayanan pelanggan. Dengan demikian slogan kami yang berbunyi ‘Begitu Dekat Begitu Nyata’ akan dirasakan secara langsung oleh masyarakat,” tambah Suryo.

“Penghargaan yang diterima Telkomsel merupakan sebuah kepercayaan yang diraih melalui sebuah proses panjang dalam menghadirkan layanan terbaik. Dalam hal ini, apresiasi yang diberikan oleh berbagai pihak dalam bentuk penghargaan tentunya juga sekaligus menjadi tantangan bagi kami untuk terus berinovasi menghadirkan nilai tambah bagi masyarakat dan  lingkungan bisnis,” papar Suryo.

Suryo menambahkan bahwa pusat pelayanan pelanggan menjadi sangat penting mengingat perannya sebagai garda depan perusahaan yang bersentuhan langsung dengan pelanggan. Di samping GraPARI, Telkomsel juga menghadirkan beragam pilihan akses pelayanan on-line 24 jam berupa: call center, website, email, dan SMS. Bahkan pelayanan pelanggan Telkomsel telah bersertifikasi manajemen mutu standar internasional ISO.

Telkomsel telah menghadirkan lebih dari 510.356 titik pelayanan sebagai upaya lebih dekat dengan pelanggan dan memberikan kemudahan akses pelayanan berupa: Call Center (4 area), GraPARI/Branch (68 buah), GeraiHALO (268), Plasa GraPARI (34), KiosHALO (2.633), Retail Nasional (22.267), Outlet Dealer Telkomsel (4.350), dan M Kios (480.732).

“Pada dasarnya Telkomsel terus berupaya menghadirkan layanan yang memenuhi lima parameter kebutuhan pokok pengguna selular, yakni jaringan yang luas, kualitas jaringan yang handal, kelengkapan fasilitas produk dan inovasi, kenyamanan pelayanan purna jual, dan tarif yang semakin terjangkau,” pungkas Suryo.

Dari sisi cakupan layanannya, Telkomsel merupakan operator selular dengan jangkuan terluas yang didukung lebih dari 27.500 BTS (Base Transceiver Station) yang menjangkau lebih dari 95 persen populasi Indonesia.  Di saat masih banyak operator lain masih berkutat melayani di pusat-pusat bisnis, layanan Telkomsel telah menjangkau hingga pelosok tanah air dari perkotaan hingga pedesaaan bahkan pulau terpencil sekalipun.

Telkomsel juga bermitra dengan 330 operator International Roaming di seluruh belahan dunia yang membuat pelanggan merasakan komunikasi yang tak terputus (seamless roaming) dan memandu industri selular Indonesia untuk Go International dengan menjadi salah satu pendiri Bridge Mobile Alliance (BMA) yang merupakan aliansi operator selular terbesar di Asia Pasifik.

Pada tahun 2009 ini, Telkomsel telah berhasil mendapatkan pengakuan terbaik untuk performansi produk dan layanan, yakni: Forsel Award (Operator GSM Favorit), Top Brand Award (simPATI dan kartuHALO), Call Center Award, Word of Mouth Marketing Award (simPATI dan kartuHALO), dan Service Quality Award.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: