Posted by: jowvykumala | May 12, 2009

Telkomsel Gelar 8 Cyber Corner Gratis bagi Peserta WOC

Hari pertama WOC, Telkomsel layani 1.068 inbound roamer

Manado, 12 Mei 2009

Direktur Operasi Telkomsel David Ng (tengah) memonitor kesiapan jaringan Telkomsel selama berlangsungnya Konferensi Kelautan Dunia (World Ocean Conference/WOC) pada 11-15 Mei 2009 di Manado. Dalam upaya mendukung kesuksesan WOC, Telkomsel siap menghadirkan kenyamanan komunikasi suara dan data melalui layanan Cyber Corner di 8 hotel pusat aktivitas peserta konferensi serta layanan internet gratis dengan fasilitas komputer dan koneksi WiFi berbasis Telkomsel Flash dengan kecepatan hingga 7,2 Mbps.

Direktur Operasi Telkomsel David Ng (tengah) memonitor kesiapan jaringan Telkomsel selama berlangsungnya Konferensi Kelautan Dunia (World Ocean Conference/WOC) pada 11-15 Mei 2009 di Manado. Dalam upaya mendukung kesuksesan WOC, Telkomsel siap menghadirkan kenyamanan komunikasi suara dan data melalui layanan Cyber Corner di 8 hotel pusat aktivitas peserta konferensi serta layanan internet gratis dengan fasilitas komputer dan koneksi WiFi berbasis Telkomsel Flash dengan kecepatan hingga 7,2 Mbps.

Dalam upaya mendukung kesuksesan Konferensi Kelautan Dunia (WOC – World Ocean Conference) dan KTT CTI yang digelar pada 11 – 15 Mei 2009 di Manado, Telkomsel siap menghadirkan kenyamanan komunikasi suara dan data.

 

Sejak Februari 2008, Telkomsel telah menambah 40 unit BTS (Base Transceiver Station) baru guna meningkatkan  kapasitas jaringan dan menempatkan 14 unit COMBAT (mobile BTS) di titik-titik terpadat serta 60 node B untuk menghadirkan layanan mobile braodband pengiriman data hingga 7,2 Mbps berbasis teknologi 3,5G HSDPA. Bahkan jangkauan layanan mobile broadband Telkomsel mampu melayani pengiriman data, saat mereka berada di dalam kapal semi submarine pada kedalaman 2,5m di bawah permukaan laut.

101Disamping itu, Telkomsel juga menjadi satu-satunya operator selular yang menyediakan layanan Cyber Corner di 8 hotel pusat aktivitas peserta konferensi, seperti di hotel Sintesa Peninsula, Swissbell, Travelo, Quality, Grand Central, Gran Puri, Sedona dan Aston.  Cyber corner memberikan layanan internet secara gratis dengan fasilitas PC (personal computer) dan koneksi WiFi berbasis Telkomsel Flash dengan kecepatan hingga 7,2 Mbps. Di lokasi tersebut Telkomsel juga membuka layanan penjualan kartu Perdana dan Voucher Isi Ulang serta informasi.

Kesiapan Telkomsel akan ketersediaan kualitas jaringan yang maksimal ini bahkan dipantau langsung oleh Direktur Operasi-David Ng melalui serangkaian proses Drive Test di beberapa titik yang diperkirakan akan terjadi lonjakan traffic. Titik tersebut antara lain di Bandara Sam ratulangi, lokasi kuliner Malalayang, sepanjang boulevard dan kawasan perhotelan. Bahkan di lokasi utama acara yakni Gedung Manado Convention center.

Direktur Operasi yang juga didampingi oleh VP Radio Acces Engineering-Bob Apriawan dan GM Network Operation Regional Sulawesi Papua-Iwan Chairul serta team NO SuMaGo, bahkan turut memastikan kualitas signal sepanjang jalur laut yang menghubungkan Kota Manado dengan beberapa pulau terdekat seperti Bunaken, Manado Tua dan Siladen.

“Drive test jaringan di perairan Bunaken bahkan telah membuktikan jika signal Telkomsel masih dapat diterima maksimal hingga dikedalaman 2,5m di bawah permukaan air dengan menggunakan kapal semi submarine dan masih dapat melakukan upload data melalui jaringan internet. Disamping itu, Telkomsel juga telah memaksimalkan kualitas jaringan 3G-nya hingga menjangkau hampir 100% wilayah inner city Kota Manado,” papar Iwan Chairul.

Pada hari pertama pelaksanaan event berskala internasional ini, inbound roamers yang dilayani Telkomsel tercatat mencapai 1.068 dan semuanya dapat menggunakan voice call dan layanan data dengan kualitas yang baik dengan tingkat Call Completion Success Rate mencapai 98,58%. Hal ini menggambarkan tingginya  tingkat kesuksesan suatu komunikasi sejak tersambung hingga selesai.

Disamping telah menggelar 718 BTS di wilayah Sulut dan sekitarnya (650 BTS 2G dan 68 node b atau BTS 3G), Telkomsel juga tetap meningkatkan kapasitas jaringan sehingga saat terlayani jaringan 2G sekalipun bisa mengakses data hingga 126 Mbps dan untuk jaringan HSDPA bisa mecapai 7,2 Mbps (Mega byte per second).

“Sebagai service leader layanan selular di Indonesia, dalam event internasional seperti WOC ini, misi Telkomsel tidak sebatas menghadirkan layanan terbaik tapi sekaligus menunjukkan kepada dunia internasioanl bahwa layanan telekomunikasi di Indonesia sejajar dengan negara-negara maju di berbagai belahan dunia. Ini menyangkut nama baik Indonesia di mata internasional,” tegas Iwan Chairul

Peningkatan kapasitas jaringan di kota Manado ini merupakan bagian dari upaya Telkomsel dalam menggelar High Performance Broadband Network untuk koneksi di Indonesia bagian Timur, dengan menggunakan transmisi Satelit IDR (Intermediate Data Rate) berbasis IP (Internet Protocol) mencapai 930 Mbps.

Penambahan kapasitas tersebut tentunya akan meningkatkan kenyamanan komunikasi pelanggan yang berada di kawasan Indonesia Timur, sekaligus terhubung dengan seluruh wilayah Indonesia hingga pelosok yang dilayani 27.500 BTS dan bahkan dengan berbagai negara di dunia melalui kemitraan Telkomsel dengan 330 partner internasional roaming.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: