Posted by: jowvykumala | May 17, 2009

Telkomsel Layani 22 Juta Pelanggan di Sumatera

Palembang, 17 Mei 2009

Kepercayaan masyarakat terhadap kualitas layanan Telkomsel hingga pelosok Sumatera tergambar dari pertumbuhan pelanggan yang sangat fantastis, yakni mencapai 22 juta atau meningkat 3 juta dibanding jumlah di awal tahun 2009 yang hanya 19 juta pelanggan.

“Angka 22 juta pelanggan ini sebenarnya merupakan target hingga akhir tahun 2009. Tingginya kepercayaan masyarakat yang mempercayakan urusan komunikasi selularnya kepada Telkomsel merupakan kebanggaan yang tak ternilai. Namun hal ini tidak lantas membuat kami berpuas diri karena tanggung jawabnya makin besar untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan,” ungkap VP Telkomsel Area Sumatera Mirza Budiwan.

Dengan kondisi di mana seluruh operator telah memberlakukan tarif yang relatif sama dan murah, tentunya menjadikan kompetisi di tahun 2009 akan mengedepankan kualitas layanan yang berfokus pada peningkatan kapasitas dan kualitas network serta pelayanan pelanggan (customer service). Pelanggan di Sumatera dilayani 7.750 BTS (Base Transceiver Station) termasuk 590 node b atau BTS 3G.

Pelanggan di Sumatera yang berjumlah 22 juta tersebar di 3 wilayah regional layanan Telkomsel, yakni 8 juta di Sumatera bagian Utara (Medan, Siantar, Sibolga, Tanjung Balai Asahan, Nangroe Aceh Darusalam), 7 juta di Sumatera bagian Tengah (Riau Daratan, Riau kepulauan, Padang), dan 7 juta di Sumatera bagian Selatan (Palembang, Bengkulu, Jambi, Pangkal Pinang, Bandar Lampung).

GM Sales & Customer Service Telkomsel Regional Sumbagsel I Ketut Susila Dharma mengatakan, “Khususnya di wilayah Sumbagsel, pelanggan kami bertambah 1 juta dari sebelumnya 6 juta di akhir tahun 2008 dan bahkan di akhir tahun 2007 hanya 4,5 juta. Pelanggan di Sumbagsel dilayani oleh sekitar 17.000 titik pelayanan pelanggan berupa GraPARI, GeraiHALO, kiosHALO, outlet mitra dealer, dan m-Kios.”

“Semakin diminatinya produk Telkomsel di tengah maraknya pasar dibanjiri produk-produk dari operator baru yang mengedepankan tarif murah menandakan bahwa kini masyarakat semakin kritis melihat value creation layanannya. Karena pada dasarnya tarif yang ditawarkan semua operator relatif sama dan murah, jadi selling point-nya ada pada layanan, yakni coverage, kualitas jaringan, inovasi produk, dan pelayanan pelanggan,” ungkap Ketut.

Saat ini jumlah pelanggan Telkomsel secara nasional mencapai lebih dari 74 juta pelanggan atau meningkat lebih dari 9 juta pelanggan dari jumlah di akhir tahun 2008 yang hanya 65,3 juta pelanggan. Pertumbuhan pelanggan Telkomsel yang signifikan ini bertolak belakang dengan kondisi 2 operator besar lainnya, di mana Indosat mengalami penurunan 3,2 juta pelanggan di kuartal 1 2009 (dari 36,5 menjadi 33,3 juta) dan XL berkurang 1,2 juta pelanggan (dari 26,1 juta menjadi 24,9 juta).

Sebagai service leader, Telkomsel telah menggelar lebih dari 27.500 BTS yang menjangkau lebih dari 95 persen wilayah populasi Indonesia. Dan melalui program USO (Universal Service Obligation) yang dipercayakan pemerintah untuk menggelar jaringan di 24.051 desa, maka layanan Telkomsel akan menjangkau hampir 100 persen wilayah populasi Indonesia hingga pelosok dan perbatasan negara.

Di samping itu, Telkomsel memandang bahwa pada dasarnya jaringan yang luas dengan core network yang senantiasa dipersiapkan untuk mendukung implementasi teknologi terkini merupakan hal utama dalam melayani masyarakat selular Indonesia. Oleh karenanya jaringan Telkomsel dilengkapi dengan ragam berteknologi mulai dari GPRS (Global Packet Radio Service), EDGE (Enhanced Data rate GSM Evolution), 3G WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access), hingga HSDPA (High Speed Downlink Packet Access).

Dengan mengimplementasikan teknologi terkini yang handal, memungkinkan Telkomsel menghadirkan berbagai inovasi layanan seperti Mobile Wallet T-Cash, Remittance (Transfer Uang di Luar Negeri), Mobile Broadband, Push email, Blackberry, Video Surveillance, Mobile Banking, m-Music, dan ribuan mobile konten.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: