Posted by: jowvykumala | June 5, 2009

SEKILAS T-CASH

Less Cash Society

T-Cash merupakan layanan mobile wallet di mana ponsel mereka berfungsi layaknya dompet penyimpanan uang (digital cash) yang siap digunakan untuk bertransaksi secara mudah, cepat, dan aman. Mereka dapat melakukan pembelian barang, cek saldo, cek transaksi yang pernah dilakukan, bahkan pengambilan tunai. Layanan ini bisa menjadi katalisator terciptanya less cash society.

Dalam menghadirkan layanan ini, Telkomsel menjadi integrator sekaligus service provider yang didukung oleh Bank Indonesia (regulator), merchant-merchant penjual barang dan jasa (Indomaret, Fuji Image Plasa, Perguruan Tinggi penyedia konten akademis dan lain-lain), bank sebagai tempat penyimpanan dana (BNI, BRI, Mandiri, dan sebagainya).

Layanan T-Cash memungkinkan ponsel pelanggan dapat berfungsi layaknya dompet penyimpanan uang (digital cash) yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi dengan nominal kecil (micropayment) di bawah Rp 1 juta.

Respon positif masyarakat pada layanan mobile wallet yang pertama kali diperkenalkan Telkomsel pada November 2007 ini tidak terlepas dari data terakhir dari Bank Indonesia yang menunjukkan bahwa 63% dari transaksi di Indonesia pada 2006 lalu merupakan pembayaran dalam nominal kecil. Apalagi mengacu standar Weidong Kou pada Payment Technologies for e-commerce menegaskan bahwa pembayaran nominal kecil (di bawah Rp 120.000) telah saatnya difungsikan kepada pengguna ponsel guna menghemat devisa.

Hal ini juga sejalan dengan tren yang terjadi di dunia, di mana layanan mobile wallet dari operator Globe Telecom, yakni G-Cash, telah digunakan oleh 42% masyarakat di Filipina saat melakukan pembayaran mikro (micropayment) dengan rata-rata transaksinya mencapai 100 juta dollar AS atau setara dengan jumlah 1,3 juta pelanggan. Demikian pula masyarakat negara Eropa dan Jepang.

Potensi layanan mobile wallet juga didukung oleh analisa data Juniper Research yang menunjukkan bahwa penggunaan ponsel oleh masyrakat untuk layanan perbankan dan transaksi semakin meningkat. Juniper Research memperkirakaan jumlah pengguna layanan bank via ponsel atau mobile banking bakal mencapai 816 juta orang di tahun 2011. Angka tersebut adalah peningkatan sampai sepuluh kali lipat dari jumlah pengguna di 2007.

Perubahan perilaku yang menginginkan kepraktisan telah membawa transaksi elektronik berkembang pesat. Demikian juga halnya gaya hidup penuh mobilitas, membuat ponsel menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari, bahkan ungkapan ‘lebih baik tertinggal dompet daripada ponsel’ kini benar-benar semakin nyata, karena kini dengan T-Cash berbagai transaksi pembelian barang dan jasa bisa dilakukan menggunakan ponsel.

Transaksi Mobile Wallet

Untuk menikmati layanan ini, pelanggan cukup registrasi melalui SMS ketik REG TCash Nama#Tanggal Lahir<ddmmyyyy>#<nama ibu kandung> dan kirim ke 2828. Selanjutnya mengisi dompet T-Cash nya dengan melakukan setoran (minimum Rp 50.000 dan kelipatannya) di merchant-merchant seperti Indomaret dan Fuji Image Plasa. Kedepan, setoran bisa dilakukan via transfer (top up dari rekening pelanggan) melalui layanan mobile banking atau Bank.

Setelah registrasi dan melakukan setoran, ponsel pelanggan bisa berfungsi layaknya dompet T-Cash berisi uang yang siap digunakan untuk melakukan berbagai transaksi seperti beli barang/jasa di merchant T-Cash, top-up pulsa, pembayaran kartuHALO, dan konten akademis

Untuk melakukan transaksi pelanggan cukup SMS ke 2828, beberapa transaksi yang dapat dilakukan antara lain: Top Up Pulsa (ketik Pulsa<MSISDN><Jumlah><PIN>), pembayaran tagihan kartuHALO (ketik Pay <MSISDN><Bill Reff><Jumlah><PIN>). Sedangkan untuk mengecek saldo, SMS ke 2828 ketik SAL <PIN> atau *885*<PIN># langsung dari ponsel.

Pada acara Customer Day di Mall Panakukang, fasilitas T Cash diperkenalkan untuk pertama kalinya kepada masyarakat kota Makassar. Dengan menggandeng Chamber Distro sebagai merchant pertama. Pelanggan dapat mencoba di lokasi bagaimana cara bertransaksi menggunakan T Cash tersebut, langsung dari HP nya dan membeli merchandise Telkomsel yang disediakan dengan harga murah.

Pelanggan akan diarahkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu, kemudian melakukan Cash In atau penyetoran dana (minimal 20000 untuk dapat ditukarkan dengan hadiah langsung) kepada petugas di booth T-Cash. Selanjutnya, pelanggan akan mendapatkaan notifikasi dan nomor PIN melalui sms jika dana tersebut sudah masuk ke Telkomsel.

Setelah notifikasi sms diterima, pelanggan dapat mulai melakukan transaksi pembelanjaan sesuai nilai barang yang ada dan sebesar saldo yang dimilikinya. Caranya dengan sms : Pay <nomor HP merchant><harga barang><PIN> lalu kirim ke 2828. Pelanggan akan dikenakan tarif smsm normal untuk setiap kali pengiriman sms T cash tersebut.

Sedangkan untuk pembelanjaan barang-barang di Chamber Distro, pelanggan dapat melihat pada display item-item apa saja yang ditawarkan oleh Chamber Distro. Setelah melakukan cash In di counter Telkomsel, pelanggan dapat melakukan transaksi di Outlet Chambers Distro Jl. Boulevard.

Mengingat program T Cash ini sifatnya edukasi, maka proses transaksi hanya dapat dilakukan selama masa eksibisi Customer Day berlangsung saja. Yakni tanggal 6-7 Juni 2009.


Responses

  1. Misalnya kita sudah punya Pulsa di HP kita, apakah pulsa tersebut bisa di ubah ke T-Cash atau tidak?
    terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: