Posted by: jowvykumala | July 29, 2009

Indonesian Best Brand Award (IBBA) 2009 : Telkomsel Pertahankan Platinum Award 7 Tahun

Jakarta, 29 Juli 2009

Manager Merchant Program Management Telkomsel Abdullah Fahmi (kanan) saat menerima penghargaan Indonesian Best Brand Award (IBBA) 2009 dari Pemimpin Redaksi Majalah SWA Kemal Effendi Gani (kiri) dan Direktur MARS Asto Sunu Subroto (28/7). Telkomsel memperoleh predikat tertinggi Platinum Award IBBA atas prestasinya mempertahankan predikat terbaik untuk kedua produknya kartuHALO (paskabayar) dan simPATI (prabayar) sebagai kartu pilihan utama selama 7 tahun berturut-turut (2003-2009).

Manager Merchant Program Management Telkomsel Abdullah Fahmi (kanan) saat menerima penghargaan Indonesian Best Brand Award (IBBA) 2009 dari Pemimpin Redaksi Majalah SWA Kemal Effendi Gani (kiri) dan Direktur MARS Asto Sunu Subroto (28/7). Telkomsel memperoleh predikat tertinggi Platinum Award IBBA atas prestasinya mempertahankan predikat terbaik untuk kedua produknya kartuHALO (paskabayar) dan simPATI (prabayar) sebagai kartu pilihan utama selama 7 tahun berturut-turut (2003-2009).

Telkomsel kembali mendapat pengakuan dari ajang bergengsi Indonesian Best Brand Award (IBBA) 2009 sebagai yang terbaik untuk kategori simcard yang mengukuhkan kedua produknya kartuHALO (paskabayar) dan simPATI (prabayar) sebagai kartu pilihan utama selama 7 tahun berturut-turut (2003-2009).

 

Penghargaan IBBA yang diberikan oleh Majalah SWA Sembada dan lembaga riset pemasaran MARS merupakan bentuk apresiasi terhadap merek-merek dengan kinerja terbaik sepanjang tahun. Survei dilakukan terhadap sejumlah kategori produk di 7 kota besar Indonesia (Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Semarang, dan Balikpapan) serta melibatkan 2.600 responden personal atau rumah tangga dan 300 responden korporat dengan menggunakan multistage random sampling dan quota random sampling berdasarkan kelompok industri sehingga menghasilkan data yang lebih akurat.

Penghargaan IBBA diukur berdasarkan 5 variabel, yaitu: popularitas merek, popularitas iklan, tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan, pangsa pasar, serta potensi pertumbuhan merek di masa mendatang.

Penghargaan yang telah memasuki tahunnya yang kedelapan ini memiliki kompetensi tersendiri yang mampu menjadi barometer kinerja merek-merek di Indonesia. Pemenang dari tiap kategori merupakan mereka-mereka yang dinilai telah berhasil membangun merek yang berujung pada kepercayaan konsumen. Dalam survey IBBA 2009 ini Telkomsel meraih nilai terbaik untuk kategori produk operator selular dengan brand value 91,0 untuk kartuHALO dan 86,8 untuk simPATI jauh di atas indeks rata-rata produk yang ada di industri telekomunikasi yang hanya bernilai 60,5.

Manager Corporate Communications Telkomsel Suryo Hadiyanto mengatakan, “Kami berterima kasih atas apresiasi masyarakat yang kembali memilih Telkomsel melalui produk kartuHALO dan simPATI sebagai merek terbaik selama tujuh tahun berturut-turut. Penghargaan ini merupakan salah satu indikasi tingginya kepercayaan masyarakat terhadap kemanfaatan produk dan layanan Telkomsel yang merupakan hasil dari sebuah proses panjang dalam upaya memberikan yang terbaik bagi pelanggan.”

“Pasar industri telekomunikasi yang sangat kompetitif dengan belasan merek sejenis merupakan sebuah tantangan bagi Telkomsel untuk terus berinovasi dalam menghadirkan competitive advantages terhadap produknya. Sebagai service leader yang kini dipercaya melayani lebih dari 76 juta pelanggan, Telkomsel akan terus menjaga tingginya kepercayaan masyarakat sehingga ke depannya tetap menjadi produk pilihan utama,” ungkap Suryo.

Hal tersebut senada dengan ulasan Direktur MARS Asto Sunu Subroto, “Inovasi pemasaran merupakan kunci penting bagi perusahaan untuk mempertahankan kinerja merek andalannya. Terbukti Telkomsel mampu mempertahankan kekuatan nilai merek di benak masyarakat melalui berbagai inovasi pemasaran di tengah iklim industri telekomunikasi yang semakin kompetitif belakangan ini.”

Penghargaan sebagai brand terbaik di ajang IBBA ini melengkapi penghargaan yang telah diterima Telkomsel tahun ini, yakni Forsel Award (Operator GSM Favorit), Top Brand Award (simPATI dan kartuHALO), Call Center Award, Word of Mouth Marketing Award (simPATI dan kartuHALO), Service Quality Award (GraPARI), Indonesia Cellular Award (Best Customer Growth), dan Selular Award (Best of The Best Service Provider dan Best GSM Operator).


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: