Posted by: jowvykumala | July 30, 2009

(Launching 3G di Ambon)

Ambon, 30 Juli 2009

Telkomsel terus melakukan rangkaian penggelaran teknologi 3G hingga ke wilayah Indonesia bagian Timur. Hari ini kembali secara resmi menghadirkan Dunia 3G Telkomsel di tiga kota sekaligus yakni Palu-Sulawesi Tengah, Ambon-Maluku dan Timika-Papua. Dengan demikian pada musim mudik mendatang dan menyambut serangkaian hari-hari Besar tahun ini, pelanggan Telkomsel pada beberapa kota tersebut akan melengkapi gaya hidupnya dengan layanan 3G, bersama dengan pelanggan di 152 kota lainnya se Indonesia yang sudah terlebih dahulu mengenal layanan ini.

Acara peresmian layanan 3G ini dilakukan oleh Walikota Ambon yang diwakili oleh Sekretaris Kota – dr HJ. Huliselan T.Mkes di Mall Ambon yang didampingi oleh General Manager Finance & Administration – Frangky D. Pandensolang dan Manager GraPARI Ambon – Nasruddin. Prosesi peresmian ditandai dengan komunikasi melalui Video Calling bersama jajaran Pejabat Daerah dan Pejabat Telkomsel yang berada di dua kota lainnya.

Walikota Ambon – J. Papilaya, yang diwakili oleh Sekretaris Kota – dr HJ. Huliselan T.Mkes dalam sambutannya mengatakan, ”Kami bersyukur, menjelang serangkaian hari-hari besar di akhir tahun ini, kami bisa menghadirkan layanan 3G Telkomsel di beberapa kota di Indonesia Timur.  Mudah-mudahan hal ini dapat memberikan warna baru bagi pelanggan kami pada mudik kali ini.  Kehadiran dan kemanfaatannya akan menjadikan komunikasi lebih spesial, dimana pelanggan di Ambon dapat memanfaatkan video call untuk bersilaturahmi ke sanak saudaranya di daerah lainnya dan demikian pula sebaliknya. Dengan video call –yang akan menghadirkan pengalaman baru bersilaturahmi– komunikasi tatap muka layaknya hadir di tengah-tengah sanak saudara mereka, tanpa mengurangi sentuhan emotional dalam suasana kekeluargaan lebaran.”

Dunia 3G Telkomsel menghadirkan era baru berkomunikasi (kombinasi suara, teks, gambar dan video) melalui layanan: video call, mobile video, serta high speed internet browsing dan download data dengan kecepatan tinggi mencapai 2 Mbps (Mega byte persecond) yang memungkinakn pelanggan untuk dapat terus terhubung dengan koneksi internet dengan handset mereka, kapanpun dan dimanapun.

Sejak diluncurkan 14 September 2006 di Jakarta, kehadiran layanan 3G Telkomsel mendapat sambutan sangat positif. Hingga akhir Juni 2009 telah tercatat sekitar 11 juta lebih pelanggan Telkomsel secara Nasional yang telah menikmati Dunia 3G Telkomsel, tanpa harus ganti kartu dan cukup mengetik kata ‘3G” kirim ke 3636. Layanan 3G Telkomsel antara lain video call, mobile TV, mobile video serta high speed browsing and data download.

Lebih lanjut, General Manager Finance & Administration – Frangky D. Pandensolang mengatakan meski hari demi hari jumlah kota yang tercover 3G terus dikembangkan, juga jumlah node B (BTS 3G) terus ditambahkan, namun diakuinya bahwa cakupan jaringan 3G Telkomsel  belum sepenuhnya meng-cover kota-kota kecamatan dan jalur antar kota sebagaimana jaringan 2G Telkomsel.   

“Hingga posisi akhir Juni 2009, wilayah Regional Sulmalirja yang sudah terlayani jaringan 3G kurang lebih sekitar 14 kota dimana 8 kota diantaranya berada di Sulawesi Selatan dan sisanya ada di Manado, Gorontalo, Ternate, Palu, Ambon dan Timika. Kota-kota tersebut didukung dengan jaringan Node B sebanyak 240 titik yang merupakan bagian dari penggelaran 4000 titik node B lainnya di seluruh Indonesia” ujar Frangky.

“Bahkan berdasarkan data per akhir bulan Juni 2009 tersebut, wilayah Sulmalirja mencatat penggunaan layanan 3G kedua tertinggi setelah Jabotabek dengan jumlah subscriber mencapai sekitar 1,6 juta lebih. Atau dapat dikatakan, ada sekitar 14% dari total pelanggan di Sulmalirja yang tercatat cukup aktif menggunakan fasilitas ini. Animo tersebut mencerminkan potensi yang sangat besar mengingat pertumbuhan pelanggan 3G pada umumnya merupakan pelanggan existing, ditambah lagi dengan harga ponsel 3G yang semakin terjangkau”, kata Frangky lagi.

Telkomsel menghadirkan layanan 3G di Ambon dengan menggelar 15 Node-B (BTS 3G) yang mencover wilayah-wilayah : Airport Ambon, Jl. Ay Patty, Desa Halong, Hotel Amans, Daerah Kayu Tiga, Daerah Kebun Cengkeh, Daerah Kudamati, Daerah Batukoneng-Poka, Desa Suli-Maluku Tengah, Daerah Paso , Jl.Pattimura, Jl. Martha Christina Tiahahu, Jl. Urimeseng, Waihong, Air Salobar, dan Wayame. Jadi, Coverage yang disiapkan oleh Telkomsel sudah dapat mengcover seluruh kota Ambon sebagai salah satu kota berteknologi tinggi dengan akses data tercepat di jaringan 3G Telkomsel. Total pelanggan yang berada di bawah layanan GraPARI Palu, hingga akhir Juni 2009 telah mencapai sekitar 533.891 subscriber lebih, didukung oleh 64 unit BTS (Base Tranciever Station) yang tersebar di seluruh provinsi Maluku.

Dimana untuk percepatan pentrasi pasar hingga ke pelosok-pelosok daerah, GraPARI Ambon juga dibantu oleh Authorized Dealer (AD) yang dikelola oleh pihak ketiga. Para AD tersebut selanjutnya memiliki total outlet hingga mencapai lebih dari 1.677  titik yang menyebar mulai dari kota Ambon hingga ke kecamatan dan pedesaan di Provinsi Maluku.

Seiring dengan percepatan penggelaran jaringan 3G secara nasional, Telkomsel juga telah membuka kerjasama akses internasional video call 3G via IDD call 007 dengan 15 negara yakni: Singapura, Malaysia, Filiphina, Taiwan, Australia, Hongkong, Jerman, Belgia, Perancis, Arab Saudi, Italia, Yunani, Belanda, Jepang, dan Swedia. Selain itu Telkomsel juga menghadirkan customer service berbasis video layaknya dilayani 24 jam di konter pelayanan pelanggan secara interaktif melalui layar ponsel, melalui dengan akses 136.

Memanfaatkan teknologi 3G tersebut, Telkomsel mengembangkan metode pelayanan pelanggan inovatif dengan menghadirkan customer service berbasis video. Layanan tersebut dapat diakses langsung dari ponsel dengan menekan 136. Hal ini tentunya menghadirkan pengalaman baru, layaknya dilayani  24 jam di  konter pelayanan pelanggan secara interaktif melalui layar ponsel.

Dengan hadirnya layanan berbasis teknologi 3G, kini pelanggan dilayani oleh teknologi Telkomsel yang beragam didukung jaringan GSM terluas yang telah menjangkau hingga pelosok, sesuai kemampuan dan jenis ponsel yang digunakan pelanggan. Layanan  berbasis Teknologi 3G merupakan kelanjutan dari evolusi teknologi GSM, di mana sebelumnya Telkomsel telah mengimplentasikan berbagai teknologi GSM : mulai dari generasi kedua (2G) berbasis CSD (Circuit Switched Data), GPRS (Global Packet Radio Service)  atau 2½ G, EDGE (Enhanced Data rate GSM Evolution) atau 2¾ G dan WiFi (Wireless Fidelity) sinergi dengan Wireless LAN.  Dalam hal ini bila pelanggan yang berponsel 3G berada diluar jaringan 3G, secara otomatis akan dilayani oleh jaringan teknologi Telkomsel lainnya.


Responses

  1. Ah saya rasa hari minggu BTS2 jadi aneh masa di Telkomsel Flash Unlimited saya sinyal cuma 1 bar. tempat tinggal saya di air kuning di BTN kanawa. padahal hari – hari sebelumnya sinyal bsa sampe 4 bar kenapa yah aneh –a

  2. kapan 3 G masuk ke daerah tulehu (salahutu) ….?

  3. Kapan 3G masuk ke ibukota Provinsi Papua Barat ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: